Jumat, 25 Mei 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Fasilitas Penerangan Jalan di kabupaten Tanjabtim Masih Sangat Minim

Minggu, 29 April 2018 15:58:58 wib
ilustrasi/Google.co.id

JAMBIDAILY MUARASABAK - Beberapa titik jalan utama yang ada diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), masih minim penerangan. Dari data Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Tanjabtim, titik-titik jalan utama yang memiliki lampu penerangan jalan itu baru mencapai sekitar 13 persen.

Kadis Perkim Tanjabtim, Adi Aritonang melalui Kabid Pertamanan, Hasata mengatakan capaian 13 persen untuk lampu penerangan jalan di Tanjabtim, itu dihitung jalan tingkat Kecamatan akan tetapi, jika dihitung keseluruhan termasuk jalan lingkungan tidak mencapai sepuluh persen.

"13 persen itu dihitung include dalam sabak barat, karena sabak barat kan yang paling besar titiknya. Tapi kalau dihitung perkecamatan yang terpenuhi itu baru dibawah 10 persen," kata Kabid Pertamanan, Hasata saat dikonfirmasi jambidaily.com (27/4/2018) kemarin.

Ia menjelaskan, ada dua kategori mengenai jalan, jalan umum dan jalan lingkungan. Untuk saat ini, Dinas Perkim masih fokus terhadap pembangunan lampu penerangan jalan umum. Sedangkan jalan lingkungan nantinya akan dilaksanakan secara bertahap jika penerangan jalan umum sudah terealisasi semua.

"Penerangan jalan itu ada dua kategori yaitu, penerangan jalan umum sama jalan lingkungan. Tapi untuk saat ini kita masih fokus penerangan jalan umum dulu, kalau lingkungan itu nanti akan kita lakukan secara bertahap," jelasnya.

Pada anggaran perubahan Pemkab Tanjabtim tahun 2018 ini tambahnya, Dinas Perkim berencana akan membangun kembali lampu jalan namun, secara bertahap yang dipusatkan di dua lokasi yaitu, Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Dendang.

"Rencananya diperubahan tapi ini kita belum tahu juga apakah disetujui atau tidak, tapi yang jelas kalau disetujui prioritas kita itu dua Kecamatan, Kuala Jambi sama Kecamatan Dendang,"ucapnya.

Sementara, mengenai anggaran yang bakal dikucurkan untuk pembangunan lampu penerangan jalan di dua Kecamatan tersebut, berkisar 2 milyar. 

"Jadi dana 2 milyar untuk pembangunan lampu penerangan jalan itu kita gunakan secukupnya, mungkin nanti yang terpenuhi kampung laut dulu, nanti sisanya baru kita alihkan ke dendang,"jelasnya lagi. (*)


Penulis: Hendri R
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top