Jumat, 23 Februari 2018 |
Wisata & Budaya

Festival Tapa Malenggang , Upaya Peneguhan Adat Batanghari

Rabu, 30 November 2016 14:50:25 wib
Pawai menjelang Pembukaan Festival Tapa Malenggang (ft:Youtube)

JAMBIDAILY BUDAYA-Festival tahunan Tapa Malenggang merupakan kegiatan rutin yang terus dilaksanakan setiap menyambut HUT Batanghari.

Pelaksanaan festival budaya Batanghari ini sebagai momentum mengenang sejarah perjuangan masyarakat, serta menjaga kelestarian nilai-nilai kearifan lokal.

"Pesta tapa malenggang kita jadikan momentum sebagai sejarah perjuangan masyarakat Bumi Serentak Bak Regam (Batanghari-red) yang penuh semangat dan tanpa menyerah serta perpegang teguh kepada adat dan budaya,”ungkap Bupati Batanghari, H Syahirsah, saat membuka Festival Tapa Malenggang HUT Batanghari ke-68/2016, yang akan digelar dari 29 Nopember hingga 03 Desember 2016 mendatang, di  Bulian Sport Center (BSC) Muarabulian.

Melalui Tapa Melenggang ini, mari kita wujudkan nilai-nilai kearifan lokal, keagamaan, kebudayaan adat kesenian dalam daerah memperkuat kebudayaan nasional.

”Mari lah kita jadikan dalam pesta tapa malenggang sebagai salah satu momentum menjaga estensi dan kecintaan kita, khususnya generasi muda turut serta menjaga adat dan budaya Batanghari,” ujarnya.

Pemkab Batanghari, sangat berkepentingan dalam melestarikan adat sesuai dengan visi misi dalam RPJMD tahun 2016-2021. Batanghari memiliki keberagaman dan budaya kaya dengan macam filosofis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga (Dispora) Batanghari yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Tapa Malenggang Batanghari, Iskandar mengatakan, pada pembukaan festival ini dapat meningkatkan potensi wisata dan budaya adat di kabupaten batanghari.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan festival tapa malenggang ini merupakan tahun kedua dilaksanakan dan insyaallah kegiatan ini terus berlanjut demi menjaga kelestarian buadaya di dalam wilayah Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, Iwan Gunawan, selaku Even Organizer mengatakan Band Ibu Kota Naff dan Artis Lokal Wak Kocai akan meramaikan pesta hiburan Rakyat Sabtu (3/12) Malam di lapangan Garuda Muarabulian Batanghari.

Menambah kemeriahan HUT Batanghari, juga dibuka Batanghari Expo.(*)


Penulis    : Syahreddy
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top