Rabu, 22 November 2017 |
Wisata & Budaya

Festival Tapah Malenggang, dan Pelestarian Seni Budaya Batanghari

Selasa, 11 Agustus 2015 03:39:33 wib
ilustrasi pakaian adat batanghari (copyright yahoo.com)

JAMBIDAILY BATANGHARI-Melestarikan seni dan budaya Kabupaten Batanghari, Dinas Pemuda Olahraga dan Parwisata (Disporapar) Batanghari akan mengelar event budaya dan seni dengan nama "Fetival Tapa Malenggang" pada ahir tahun 2015 ini.

“Insya'Allah kita akan menggelar event seni budaya yang nama event tersebut kita beri nama Fastival Tapah Malenggang, sesuai dengan icon Bumi Serentak Bak Regam ini,” terang Kepala Disporapar Batanghari, H Iskandar, Senin (10/09)

Event ini rencannya akan digelar selama lima hari pada bulan September mendatang. “Untuk pelaksanaan event itu, kita menjadwalkan selama lima hari, mudah-mudahan September mendatang segera terlaksana," Kata Iskandar

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Batanghari, Daulatul Amin, menjelaskan, dalam event itu akan diadakan berbagai macam kegiatan seni adat budaya Batanghari, diantaranya, lomba Buka Langse, pencak silat melayu, dan lomba pakaian adat etnik.

“Dalam event itu nantinya, kita akan adakan perlombaan sejumlah rangkaian seni budaya Batanghari.  Ini event pengenalan kepada publik tentang adat budaya yang sering diadakan dalam pernikahan di Kabupaten Batanghari,” papar Daulatul.

Even ini akan diikuti seluruh kecamatan se-Kabupaten Batanghari, termasuk juga nantinya Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Jambi.

“Kita akan undang untuk perserta lomba dalam kegiatan pada fastival Tapah Malenggang itu nantinya dari kecamatan-kecamatan yang ada di Batanghari, dan untuk Kabupaten dan Kota tetap kita undang juga, tapi ada perlombaan yang mereka harus mengirimkan perwakilanya,"pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top