Minggu, 17 Desember 2017 |
Hukum

Gaji Belum Dibayar, Ratusan Karyawan PT TPIL Datangi Dinsosnakertrans

Kamis, 10 Desember 2015 13:01:37 wib
Ratusan karyawan PT TPIL mengadukan nasibnya ke Dinsosnakertrans Tebo

JAMBIDAILY MUARATEBO- Ratusan karyawan kebun PT.Tebo Plasma Inti Lestari (PT.TPIL) Desa Pelayang Kecamatan Tebo Tengah, melakukan aksi demo ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Tebo mengadukan nasib mereka, karena dua bulan gaji belum dibayar perusahaan.

"Ya sudah dua bulan, Oktober dan November gaji kami belum dibayar,"ungkap salah satu karyawan yang ikut ke Kantor Dinsosnakertrans Tebo, Kamis (10/12) kepada jambidaily.com.

Dari pantauan di Dinsosnakertrans, terlihat sejumlah karyawan kebun PT.TPIL mayoritas kaum ibu-ibu membawa anak-anaknya tersebut mengeluh dan mengaku sudah dua hari ini kami kelaparan.

"Minta nasi pak sudah dua hari kita belum makan," dengan nada melas minta belas kasihan. Mereka mengaku sejak belum di bayarkan gajinya banyak karyawan kebun kelaparan karena tidak ada uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari,"'keluhnya.

Sementara itu Kadisosnakertrans melalui Kabid Pengawasan Tenaga Kerja Kamal Firdaus, mengatakan, pihaknya memediasi bahwa antara pihak manajemen PT.PTPIL menjamin agar gaji karyawan bisa dibayarkan secepatnya.  Dan pihak PT TPIL membuat pernyataan tertulis,  berjanji tanggal 14 Desember mendatang gaji karyawan bakal dibayarkan.

"Biar bagaimanapun perusahaan tetap wajib membayarkan gaji karyawannya karena itu diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 Tahun 2013, Tentang Ketenaga Kerjaan dan tentang pengupahan Pasal 88 sd 98,"tegasnya.(jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top