Rabu, 22 November 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Gelar Rapat Persiapan, KONI Putuskan Kabupaten Bungo dan Tebo Jadi Tuan Rumah Porprov Jambi 2018

Minggu, 06 Agustus 2017 18:02:09 wib
Photo: nuansajambi.com

JAMBIDAILY OLAHRAGA-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi menggelar rapat kerja persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018, untuk menentukan Tuan Rumah dari ajang olahraga tingkat Provinsi tersebut, yang digelar di Aula Gedung KONI Provinsi Jambi, Sabtu (05/08) sore.

Dalam rapat tersebut, hadir Perwakilan Pengurus Cabang (Pengcab) KONI Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jambi. Berbagai pendapat, usulan dan saran dari setiap Pengcab mewarnai rapat yang digelar sekitar pukul 15:00 WIB sampai 17:00 WIB.
 
Untuk diketahui, sebelumnya Kabupaten Merangin yang akan menjadi Tuan Rumah Porprov ke XXII/2018 membatalkan dengan alasan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun pada rapat tersebut, akhirnya Kabupaten Bungo dan Tebo bersedia menjadi Tuan Rumah.

Sementara itu, menurut Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Indra Almendaris mengatakan Kedua Kabupaten tersebut siap melaksanakan Porprov XXII tahun 2018 sebagai Tuan Rumah Bersama, tapi persiapan-persiapan lainya juga harus ditetapkan, seperti penetapan Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan. 

Lanjut Indra Almendaris, untuk Cabornya sendiri, masih belum ditetapkan. Cabor-cabor olahraga apa saja yang akan dilaksanakan nantinya di Bungo dan Tebo masih dalam Pembahasan selanjutnya. 

“Kita akan cek dulu kondisi dilapangan antara Kedua Kabupaten tersebut, apakah Venue memenuhi syarat atau tidak,” kata Indra Almendaris kepada sejumlah Wartawan, Sabtu (05/08).

Menurutnya, dalam rapat yang dihadiri pengurus KONI Kabupaten/Kota, Bungo mengusulkan 19 Cabor sedangkan Tebo mengusulan 16 Cabor. Namun, beberapa cabor yang dipertandingkan di Bungo ada juga yang diusulkan oleh KONI Tebo. 

“Maka dari itu, kita akan verifikasi terlebih dahulu, Cabor-cabor yang dipertandingkan dalam Porprov 2018 mendatang,” jelasnya.

Selain itu, Indra Almendaris juga mengatakan bahwa pada Porprov ke XXI tahun 2015 di Kabupaten Batanghari mempertandingkan 28 Cabor. 

“Apakah bertambah atau berkurang, KONI Provinsi Jambi akan mengadakan rapat dengan Pengprov Cabor guna menentukan Cabor yang dipertandingkan,” tambahnya.
 
“Tadi ada usulan syarat Cabor yang boleh bertanding di Porprov minimal memiliki 8 Pengurus Cabang, sebelumnya hanya 50 +1. Dipilihnya Tuan Rumah Bersama ini, karena ada usulan dari Gubernur Jambi Zumi Zola,” ungkapnya. 

Indra Almendaris juga mengatakan untuk Kabupaten yang tidak melaksanakan Pilkada di Tahun 2018, dari usulan Gubernur agar dijadikan sebagai Tuan Rumah Porprov Jambi. Pasalnya pelaksanaan Porprov tidak bisa ditunda-tunda, karena sudah menjadi agenda KONI sendiri. 

“Pak Gubernur mengusulkan agar Tuan Rumah Porprov adalah Kabupaten yang tidak ada Pilkadanya ditahun depan, kebetulan Dua Kabupaten ini mendapat restu dari Kepala Daerahnya masing-masing. Maka diputuskanlah Bungo dan Tebo sebagai Tuan Rumah Bersama,” jelas Indra.

Kemudian mengenai fasilitas Atlet seperti Penginapan dan Venue juga akan dilakukan pengecekan ulang. “Apakah akan menggunakan Gedung Sekolah seperti sebelumnya di Kabupaten Batanghari, atau akan diinapkan di Hotel. Namun, KONI Provinsi mengusulkan Porprov dilaksanakan saat libur sekolah,” katanya.

Dalam rapat tersebut, untuk diketahui Bungo mengusulkan 19 Cabor yaitu angkat berat, atletik, bulu tangkis, gulat, kempo, pencak silat, sepak takraw, tarung derajat, tenis meja, billiard, brick, catur, karate, panjat tebing, sepak bola, taekwondo, wushu, drum band dan panahan.

Sedangkan, Tebo mengusulkan Cabor angkat berat, atletik, bulu tangkis, catur, pencak silat, takraw, taekwondo, tarung derajat, wushu, panahan, IMI, dayung, tinju, tenis lapangan, balap sepeda dan judo./Nuansajambi.com 

KOMENTAR DISQUS :

Top