Minggu, 19 Januari 2020 |
Ekonomi

Genjot Perekonomian Desa, Ini Langkah PMD Batanghari

Rabu, 25 Januari 2017 08:12:43 wib
BUM-Des (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Menggenjot perekonomian pedesaan, Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Batanghari mendorong pendirian BUM-Des.

"Melalui usaha Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des), akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan PAD,"papar Kadis PMD Batanghari, M Fadhil Arief, baru ini, kepada jambidaily.com, terkait upaya Pemkab mendorong pertumbuhan BUM-Des.

Upaya ini seiring dengan regulasi Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa yang merupakan instrumen baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pada awal tahun 2014 yang diikuti dengan PP No 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa dan PP No 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

"Ini diperkuat dengan Peraturan Mendagri No 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 4 dan No 5 Tahun 2015,"papar Fadhil.

Melalui BUM-Des itu, nantinya, dapat mengelola dan menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-sehari antara lain air minum isi ulang, token listrik, pulsa tagihan BPS Kesehatan, tagihan listrik dan lainnya.

"Tinggal menyesuaikan dengan potensi dan keadaan ekonomi di desa tersebut,"tambahnya.

Disebutkannya, saat ini dari 124 desa dalam Wilayah Kabupaten Batanghari, baru berdiri  7 Bumdes.  Sedangkan sejumlah desa lainnya masih dalam tahap proses.

"Dalam Perbup kita juga diamanahkan, bagaimana setiap desa mendirikan Bumdes dari Dana Desa tersebut,"pungkasnya.(*)


Penulis    : Syahreddy
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top