Selasa, 07 April 2020 |
Wisata & Budaya

Gubernur Jambi Manfaatkan Ramadhan Taraweh Keliling

Jumat, 10 Juli 2015 21:18:09 wib
Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) saat memberi Kultum pada kegiatan Taraweh keliling selama Ramadhan 1436 H/2015. (doc.jambidaily.com)

JAMBIDAILY BUDAYA-Menikmati ibadah bersama warga, sejak beberapa tahun terakhir, setiap bulan suci Ramadhan, Gubernur Jambi membudayakan kegiatan taraweh keliling dari satu mesjid ke mesji lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, biasanya digunakan gubernur untuk memberi Kuliah Tujuh Menit dan silaturahmi dengan masyarakat Provinsi Jambi.

Seperti yang terlihat pada malam kemarin, Kamis (09/07), orang nomor satu Jambi itu berkesempatan sholat taraweh berjamaah di Mushollah Baitul Muttaqin Rt 21. Kenali Asam Atas Kota Baru Kota Jambi bersama Sekda H. Ridham Priskap, Asisten II Ir. Haviz Husaini, Kepala Biro Humas Henrizal.

"Jamaah masih banyak, ini menunjukkan kehidupan masyarakat yang agamis,"ungkap HBA, melihat antusiasme jamaah taraweh yang melebihi kapasitas mushollah.

Kondisi seperti itu menjadi harapan HBA selaku Gubernur Jambi yang selama ini terus dilakukan upaya mendidik anak anak dan masyarakat menjaga suasana agamis yang mampu memberikan rasa aman dan tenteram dalam kehidupan sosial.

"Anak anak juga diajar ngaji dan makmurkan musholla dan masjid dengan kegiatan pengajian termasuk maghrib-isya," himbau HBA.

Mengisi Kuliah Tujuh Menit HBA mengingatkan Hadist Nabi terkait Anak anak yang soleh dan salehah senantiasa mendoakan orang tua menjadi penolong yang terus mengalir pahalanya meskipun orangtuanya telah meninggal dunia, shodaqoh jariyah atau memberi atau menggunakan harta benda di jalan Allah salah satunya membangun masjid, ilmu yang bermanfaat juga mengalirkan pahala yang tidak terputus.

Mengenai puasa yang dijalankan umat Islam, HBA menegaskan  puasa ramadhan menjadi amalan yang langsung dinilai Allah SWT bagi yang melaksanakan puasa tentunya semua kebaikan maupun pahala akan diberi ganjaran yang  sesuai perintah Allah SWT.

Kehidupan yang diajarkan Rasulullah dengan mengutamakan akhlak mulia serta menjalankan semua perintah dan larangan Allah SWT menjamin seorang hamba mendapat kebahagian didunia dan diakhirat.(jambidaily.com/HMS)

KOMENTAR DISQUS :

Top