Minggu, 19 Agustus 2018 |
Politik

Gubernur Zola dan Hj. Sherrin Hadiri HUT ke-68 Kabupaten Batanghari

Kamis, 01 Desember 2016 20:35:05 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Hj Sherrin Tharia menghadiri Paripurna Istimewa HUT ke-68 Kabupaten Batanghari

JAMBIDAILY POLITIK-Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli beserta isteri tercintanya Hj. Sherrin Tharia Zola yang juga selaku Ketua TP PKK Provinsi Jambi, menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Kabupaten Batanghari.

Acara yang berlangsung dengan hikmad dan meriah ini diselenggarakan di Gedung DPRD Kabupaten Batanghari pada Kamis 01 Desember 2016.

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Jambi H. Zumi Zola menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Kabupaten Batanghari. Dirinya juga berharap di tahun-tahun yang akan datang kabupaten ini semakin kompetitif dan lebih baik.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Kabupaten Batanghari. Semoga tahun-tahun yang akan datang Kabupaten Batanghari menjadi semakin kompetitif dan lebih baik,” kata Gubernur.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut, dirinya memahami dalam kurun waktu 68 tahun tersebut, silih berganti nuansa proses menjalani roda pemerintahan dan pembangunan telah mewarnai Kabupaten Batanghari untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah disepakati. Berbagai upaya dan kerja nyata telah pula dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat di Bumi Serentak Bak Regam tersebut.

“ Mudah-mudahan upaya dan usaha serta langkah nyata yang dilakukan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batanghari ini dapat membangun ekonomi rakyat, yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan serta mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT,” ucapnya.

Dijelaskan Gubernur, secara geografis maupun potensi sumberdaya alam yang dimiliki, kabupaten ini telah memiliki keuntungan komperatif, namun demikian, menurut Gubernur keuntungan ini masih harus dikelola lagi dan harus dimanage dengan baik agar mampu memberikan keuntungan kompetitif dan memberikan nilai tambah tersendiri bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Batanghari.

“Oleh karena itu, kita perlu lebih banyak lagi berbenah untuk unggul, melalui peningkatan SDM kita menjadi SDM yang profesional dan memanfaatkan inovasi teknologi dalam pengelolaan sumberdaya alam yang dimiliki. Karena kata kunci untuk unggul dalam kompetisi global adalah SDM yang profesional dan penggunaan atau pemanfaat teknologi inovasi. Banyak contoh dan perumpamaan negara dan daerah yang bisa kita jadikan referensi, yang memiliki SDM yang berkualitas dan menguasai teknologi,” jelas Gubernur.

“Untuk itulah, sekali lagi saya kembali mengajak Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Batanghari untuk terus berupaya seoptimal mungkin dalam meningkatkan kinerja pembangunan di Kabupaten Batanghari. Dalam pengembangan sektor perkebunan, sektor pertambangan dan pemanfaatan SDA lainnya, kita sudah saatnya untuk memadukan pengembangannya dengan pengembangan industri hilirnya. Karena kita tidak ingin produk SDA yang keluar dari Kabupaten Batanghari ini masih dalam bentuk produk primer, yang rentan terhadap gejolak ekonomi global,” sambung Gubernur.

Gubernur juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sendiri melalui visi Jambi Tuntas 2021, terus berupaya untuk mendorong langkah percepatan pembangunan di Kabupaten Batanghari. Berbagai potensi perkebunan, baik itu sawit maupun karet serta potensi holtikultura lainnya dapat dioptimalkan lagi pemanfaatannya. “Berdayakan masyarakat, baik untuk pengembangan perkebunan, holtikultura maupun pengembangan industri hilir atau industri rumah tangga, untuk pengolahan hasil komiditi,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPRD Batanghari M.Mahdan S.Kom dalam sambutannya menyampaikan, berkat perjuangan para pemimpin Kabupaten Batanghari yang terdahulu sampai saat ini, Kabupaten Batanghari sedang giat - giatnya membangun disemua bidang.

"Dan kita semua hendaknya meningkatkan tekad dan semangat untuk membangun Kabupaten Batanghari, agar Kabupaten Batanghari semakin maju dan berkembang. Kemajuan serta pesatnya perkembangan tentunya berkat kerja keras, tanpa mengenal lelah baik pihak pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu marilah kita menjaga rasa aman, guna kelancaran pelaksanaan pembangunan Kabupaten Batanghari kedepan,"‎ kata Mahdan.

Dijelaskan M.Mahdan, rapat paripurna istimewa ini merupakan tahun ketiga masa ke Anggotaan DPRD Kabupaten Batanghari periode 2014 - 2019. "Ada 3 tugas pokok dan fungsi DPRD, yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. DPRD juga dapat menjaring aspirasi Masyarakat dalam penyelesaian permasalahan atau aspirasi yang disampaikan langsung kepada DPRD. Hal tersebut untuk mewujudkan Kabupaten Batanghari yang lebih maju, kita semua harus bersatu, bekerja keras dan saling bergandeng tangan, bahu - membahu dalam menciptakan kesejahteraan rakyat Kabupaten Batanghari. Sehingga, semua yang kita kerjakan betul - betul untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Batanghari," jelasnya.

Lanjutnya, ‎pada tahun 2016 ini, pemerintah daerah Kabupaten Batanghari telah berhasil meraih penghargaan prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jambi, terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batanghari tahun 2015.

"Hal ini merupakan prestasi. Kemudian prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Batanghari tahun 2016, prestasi dan penghargaan Kabupaten Batanghari pada tingkat Nasional, pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Batanghari, yakni mengikuti pertukaran pemuda antar Negara di Tiongkok dan India atas nama Rudi Hidayat dan Metia Ekatina, juga mengikuti Jambore pemuda Indonesia di Palangkaraya atas nama Agung Habibillah dan Indria Mutia Ifani, mengikuti festival olahraga Tradisional Tapisawor Games di Jakarta, Juara I Cabang Berjanji Marhaban Putra atas Nama M. Ridwan. S. Pdi. Syamsuri S. Hi. Ahyar Rosadi, S. Pdi, Muslim dan Anwar Sadat. Kemudian Prestasi dan penghargaan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Batanghari dengan meraih juara I Lomba Stand terbaik pada pameran dan pasar rakyat telanai EXPO pada HUT Provinsi Jambi, dan Juara lainnya," tutur Mahdan.

Ketua DPRD M.Mahdan S.Kom menambahkan, selanjutnya beberapa prestasi dan penghargaan juga berhasil diraih, seperti pada Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dengan meraih Juara I Tenaga Kesehatan Teladan, kategori tenaga kesehatan lingkungan, atas nama Yuliana Pratiwi, Am KL Puskesmas Durian Luncuk. Juara II Lomba tenaga kesehatan Teladan, Kategori Tenaga AHli laboratorium Medik, Atas Nama Jamillah Malabar, Puskesmas Penerokan.

"Prestasi dan penghargaan Kabupaten Batanghari pada tingkat Provinsi mengikuti MTQ ke 46 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Merangin, yang memperoleh 8 cabang juara I telah diraih prestasi dan penghargaan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Batanghari, sekaligus merebut ketiga juara tingkat tekhnologi tepat guna, inovasi TTG pameran alat TTG, Prestasi dan penghargaan pada Dinas Pendidikan Dan Kabudayaan (PdK) Kabupaten Batanghari pada lomba FLS2N dan O2SN, Juara lomba pantomin, atas Nama Putri Nabillah dan Desti Ananta, dari SD Negeri NO 55/1 Sridadi," tutupnya.

Turut hadir dalam HUT Ke-68 Kabupaten Batanghari ini Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Batanghari, para unsur Forkopimda Provinsi Jambi atau yang mewakili, para bupati/walikta se-Provinsi Jambi atau yang mewakili, mantan Bupati Batanghari yang juga selaku Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi H. Hasip Kalimuddin Syam, para unsur Forkopimda Kabupaten Batanghari atau yang mewakili, Plt. Sekda Kabupaten Batanghari, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala SKPD Kabupaten Batanghari, para Cama, Lurah, Kepala Desa, Ketua BPD dilingkup Kabupaten Batanghari serta para undangan lainnya.(*)


Penulis    :Dedy (HMS) dan Syahreddy
Foto       : Mulyadi/Deny
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top