Senin, 20 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga - Advetorial

Gubernur Zola: Lomba Perahu Terus Dikembangkan Jadi Even Nasional

Selasa, 12 Juli 2016 15:10:24 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola melepas tembakan ke udara membuka lomba perahu

JAMBIDAILY OLAHRAGA-Perpaduan olahraga dan wisata dalam Lomba Pacu Perahu Tradisional menjadi perhatian Gubernur Jambi H Zumi Zola agar dikembangkan menjadi even Nasional.

Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Pelepasan Lomba Pacu Perahu Tradisional, bertempat di Sungai Batang Tembesi, depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun, Selasa siang, 12 Juli 2016.

"Saya sangat mengapresiasi Lomba Pacu Perahu Tradisional di Kabupaten Sarolangun, sebagai kegiatan yang sudah dilakukan secara turun-temurun dan menjadi hiburan bagi masyarakat,"ungkap Gubernur.

Dia berharap, kegiatan ini terus ditingkatkan menjadi agenda pariwisata Provinsi Jambi dan didorong menjadi even nasional.

"Selain sebagai hiburan bagi masyarakat, even ini memberikan kesempatan bagi pemuda untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional,"harapnya.

Selanjuttnya, Zola memberian bantuan pribadi Rp10juta untuk Lomba Pacu Perahu tersebut.

"Silahkan digunakan untuk menambah kesuksesan acara ini," ujar Zola.

Sebelumnya, Bupati Sarolangun, Drs. H.Cek Endra berharap agar Lomba Pacu Perahu Tradisional tetap dilestarikan.

Cek Endra juga berharap agar Lomba Pacu Perahu ini bisa berlangsung dengan lancar dan tertib, sekaligus menghimbau seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas  dan menjaga ketertiban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sarolangun selaku Ketua Panitia Lomba Pacu Perahu Tradision, H.Saeful, menyampaikan, Lomba Pacu Perahu ini diselenggarakan dalam rangka Idul Fitri 1437 H, dan dilaksanakan setiap tahun secara turun-temurun.

Saeful mengatakan, peserta even yang diselenggarakan pada tanggal 12 - 13 Juli 2016 ini terdiri dari 16 klub, tipe A dan tipe B, tipe A dilombakan tanggal 12 Juli 2016, dan tipe B dilombakan tanggal tanggal 13 Juli 2016.

"Yang diperebutkan adalah Piala Bergilir Bupati Sarolangun, Gubernur Jambi, dan Piala Tetap Bupati Sarolangun. Tahun ini menjadi tahun kedua memperebutkan Piala Gubernur Jambi. Tahun lalu tipe A dan B diraih Klub Gading Batuah," tutur Saeful.

Saeful mengungkapkan, dari peserta Lomba Pacu Perahu Tradisional, 6 orang menjadi atlet PON dan 1 orang menjadi atlet Pelatnas.

Saeful menyampaikan prestasi yang diraih Tim Lomba Pacu Perahu Tradisional Kabupaten Sarolangun, yakni pada tahun 2013 juara 1 Lomba Traditional Boat di Padang, tahun 2014 juara 2, dan tahun 2015 juara 1, Juara 1 International Driven Boat di Tanjung Pinang Tahun 2014 mengalahkan Thailand dan juara 2 pada tahun 2015 dikalahkan oleh Jawa Timur, Juara 1 tahun 2013 dalam rangka HUT Provinsi Jambi, dan tahun 2014 juara juara 1 dalam rangka HUT Kota Jambi.

Saeful mengemukakan, pada ulang tahun Kabupaten Sarolangun pada tahun 2017 direncanakan menyelenggarakan Lomba Pacu Perahu Tradisional yang skalanya nasional.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan Piala Bergilir Gubernur Jambi dan Piala Bergilir Bupati Sarolangun oleh juara tahun lalu yaitu Gading Batuah kepada panitia.

Selanjutnya, didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, H.Pahrul Rozi, Zola membuka dan melepas Lompa Pacu Perahu Tradisional, yang ditandai dengan melepas tembakan ke udara.

Lomba Pacu Perahu Tradisional ini disambut masyarakat dengan antusias, tercermin dari sangat banyaknya masyarakat yang menyaksikan Lomba Pacu Perahu Tradisional tersebut di sepanjang pinggir Sungai Batang Tembesi di sekitar Rumah Dinas Bupati Sarolangun.(*)

Penulis   :Mustar Hutapea
Foto      : Kamarul Zaman / Roni
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top