Jumat, 25 Mei 2018 |
Wisata & Budaya

Guna Tingkatkan Kesadaran Pariwisata Disbudpar Adakan Workshop Pembinaan Sadar Wisata dan Sapta Pesona

Rabu, 09 Mei 2018 21:46:18 wib

JAMBIDAILY WISATA – Guna meningkatkan kesadaran pentingnya peranan sektor pariwisata dewasa ini, kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia bekerjasama dengan dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi mengadakan workshop pembinaan sadar wisata dan sapta pesona yang dilaksanakan pada 08-09 Mei 2018 bertempat di Hotel Luminor, Kawasan kebon Jeruk, Sipin-Kota Jambi.

Peserta yang berjumlah 50 orang tersebut terdiri dari dinas Pariwisata Kab/ Kota se Provinsi Jambi, Bappeda Kab/Kota se-Provinsi Jambi, Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Satpol PP, DitPam Obvit Polda Jambi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Dengan Materi yang diberikan kepada peserta, yaitu: (1) Kepariwisataan Provinsi Jambi; (2) Sosialisasi Sadar Wisata; dan (3) Sinergitas Program Kepariwisataan di Provinsi Jambi.

“Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup, serta kepentingan nasional,” Ungkap Ujang Hariadi, Kepala Disbudpar Provinsi Jambi.

Dalam pemaparan Ujang Hariadi, ketika membuka acara (Selasa, 08/05/2018) bahwa Undang-undang No. 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan mengisyaratkan bahwa pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, dan pemerintah daerah, untuk itu daya tarik wisata merupakan segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai berupa keaneragaman kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan, dikarenakan pariwisata merupakan suatu kegiatan yang memiliki dampak dinamis yang luas dimana berbagai usaha dapat tercipta melalui kegiatan pariwisata.

Sebagai salah satu sektor unggulan dan prioritas pariwisata diyakini memiliki prospek dan potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, dikarenakan provinsi Jambi diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa, alam yang mempesona dan budaya yang beranekaragam, keindahan alam dan keunikan budaya yang beragam ini merupakan salah satu aset untuk dapat mensejahterakan bangsa melalui pembangunan kepariwisataan. Provinsi jambi memiliki beberapa destinasi unggulan pariwisata yang tersebar di 11 kabupaten/ kota, diantaranya: (1) Destinasi pariwisata kerinci dan sekitarnya; (2) Destinasi pariwisata geopark dan sekitarnya; (3) Destinasi pariwisata kawasan cagar budaya candi muara jambi dan sekitarnya; (4) Destinasi pariwisata kota Jambi dan sekitarnya

“Untuk alasan itu kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif RI bekerjasama dengan dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi Jambi mengadakan workshop pembinaan sadar wisata dan sapta pesona yang dilaksanakan pada hari ini,” Tutur Ujang Hariadi dalam kata sambutannya.

Ujang Hariadi berharap dengan kegiatan ini kedepan sektor pendukung pariwisata terutama pemerintah dapat mendukung terlaksananya kegiatan kepariwisataan didaerahnya melalui program-program kegiatan yang dilaksanakan di tiap-tiap OPD/ Instansi terkait dengan pariwisata.

“Harapannya dapat terwujud dan adanya program-program kegiatan yang dilaksanan setiap OPD/Instansi terkait pariwisata, juga diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang dapat menempatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan, dirancang untuk memberi kesempatan kepada masyarakat dalam mengembangkan kapasitas masyarakat serta memperluas kesempatan berusaha dalam kegiatan kepariwisataan,” Harap Ujang Hariadi.

Narasumber dalam workshop yang berakhir hari ini (Rabu, 09/05/2018) tersebut, yaitu: (1) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi; (2) Kementerian Pariwisata RI; dan (3) Bappeda Provinsi Jambi

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top