Rabu, 16 Oktober 2019 |
Ekonomi

H Al Haris: Merangin Mampu Swasembada Beras

Sabtu, 04 Juni 2016 17:40:09 wib
Bupati Merangin cek Stock beras Bulog Bangko

JAMBIDAILY EKONOMI-Kabupaten Merangin mampu menempatkan diri diurutan ke-28 se-Indonesia, yang target tanam padinya tercapai.

Ini artinya jelas Bupati Merangin H Al Haris, Kabupaten Merangin mampu swasembada beras.

Melimpahnya hasil panen padi dari capaian target tanam tersebut lanjut bupati, dapat di lihat dari penggarapan pencetakan sawah baru yang tersebar di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

Hasil panen padi masyarakat  itu kemudian berasnya dijual ke Bulog, untuk disalurkan pada program Raskin. Tujuannya agar seluruh kebutuhan beras Kabupaten Merangin, merata dapat terpenuhi dari hasil panen tersebut.

‘’Untuk penyaluran Raskin, Merangin mampu bertahan diurutan pertama peringkat Provinsi Jambi. Hal ini sangat menunjang tercapainya swasembada beras Merangin,’’ujar Bupati di Gudang Bulog Bangko, Jumat (03/06).

Sedangkan untuk penyerepan pengadaan beras, Kabupaen Merangin mendapat peringkat dua se-Provinsi Jambi dengan totol 105 persen dari nilai kontrak.

Guna menekan harga beras menjelang puasa sampai lebaran nanti, bupati telah mengintruksikan Bulog segera menggelar operasi pasar.

Operasi pasar itu akan digelar di delapan titik. Harga beras pada operasi pasar Bulog itu Rp 7.800 per kilogramnya, sehingga harga beras di pasaran dapat ditekan sampai harga tersebut.

Operasi pasar itu akan digelar mulai pada puasa pertama sampai tiga hari kedepan.

Bagaimana dengan stok beras Merangin menjelang puasa sampai lebaran nanti? Bupati menjelaskan, stok beras Merangin masih cukup untuk tiga bulan kedepan.(jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top