Sabtu, 22 September 2018 |
Peristiwa

H Al Haris Resmikan Los Pasar Rakyat Rantau Panjang

Minggu, 11 Februari 2018 09:46:11 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris pada Jumat (9/2) meresmikan Los Pasar Rakyat di tengah Pasar Rantau Panjang Kecamatan Tabir. Dua Los yang dibangun tersebut, mampu menampung sebanyak 55 orang pedagang.

Dari 55 orang pedagang itu, sebanyak 14 kios ditempati pedagang ikan, 14 kios lagi ditempati pedagang ayam, sebanyak 18 kios pedagang sayur-sayuran dan sembilan kios lagi pedagang campuran.

‘’Sengaja kita membangun Los Pasar Rakyat ini tidak ditempat lain, karena bila dibangun ditempat lain belum tentu pedagang mau menempati. Pembangunan los pasar ini, guna memberi kenyamanan kepada pedagang dan pembeli,’’ujar Bupati.

Bupati minta kepada para pedagang untuk merawat bangunan pasar dengan baik, jaga kebersihan pasar sehingga pembeli merasa nyaman berbelanja di pasar yang bersih dan indah. Selain itu bupati juga minta jaga keamanan pasar.

Berapa sewa yang diambil untuk satu kiosnya berukuran 1,5 x 1,5 meter itu? Dijelaskan bupati, kios pasar tersebut tidak disewakan, hanya saja dipungut retribusi kebersihan dan sarana lainnya sebesar Rp 500 ribu pertahunnya.

Menariknya pada peresmian pasar yang juga dihadiri ratusan warga Rantau Panjang Tabir itu, digelar dialog antara pedagan dengan bupati. Pada dialog yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, para pedagang mengeluhkan beberapa hal.

Keluhan pedagan itu, diantaranya terkait tidak adanya truk sampah yang mengangkut sampah dari pasar tersebut, sehingga pedagang menghkawatirkan terjadinya tumpukan sampah yang berlebihan.

Terkait hal itu, bupati dalam waktu dekat akan minta kepada Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Merangin, untuk segera melengkapi fasilitas truk sampah itu. Beberapa pedagang juga menayakan tidak adanya sarana WC umum di pasar itu.

‘’Terus terang saya sama sekali tidak tahu, kalau di pasar ini tidak ada WC umumnya. Jadi nanti akan kita bangun WC umum yang lengkap dengan kamar mandinya, agar pembeli merasa nyaman,’’terang Bupati. (teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top