Minggu, 18 November 2018 |
Pendidikan & Teknologi

H Al Haris Silaturrahmi dan Lepas CJH Merangin

Senin, 06 Agustus 2018 14:19:25 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris bersama Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris pada Minggu malam (5/8) bersilaturahmi dengan para Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Merangin.

Silaturahmi sekaligus pelepasan CJH asal Merangin sebanyak 504 orang itu, berlangsung meriah di Auditorium Rumah Dinas Bupati Merangin. Para CJH Merangin akan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis malam (10/8).

 ‘’Sengaja pelepasan CJH ini dipercepat, tidak hari H. Pada saat hari H nanti jemaah bisa tidak khusuk lagi karena sudah memikirkan persiapan keberangkatan,’’ujar Bupati didampingi Hj Hesti Haris saat menyalami para CJH.

Pada hari keberangkatan nanti lanjut bupati, para CJh tinggal datang absen dan langsung berangkat. Sehingga pada hari keberangkatan, CJH tidak lagi disibukkan dengan kegiatan yang bersifat seremonial.

Bupati mengharapkan kepada rombongan agar terus menjalin rasa kebersamaan, mulai dari berangkat saling mengingatkan, Ini bukan hanya tugas ketua rombongan saja, tapi tugas seluruh CH.

‘’Saya tahun ini kembali memberikan haji gratis. Dimana tahun ini Abdul khalik yang mantan mahasiswa Mesir terpilih. Saya ingin orang yang membimbing CJH orang yang paham dengan kondisi di Mekkah dan Madinah,’’terang Bupati.

Tahun depan bupati merencanakan memberangkatkan haji gratis untuk satu pembimbing dan satu orang dokter karena tahun depan jumlah CJH asal Merangin akan lebih banyak.

Bupati berpesan kepada para CJH untuk banyak-banyak membaca syalawat dan membaca Al Quran saat perjalanan dalam pesawat. Bagi yang masih mempunyai orang tua bawa orang tua pergi haji, untuk ibadah sepuasnya.

‘’Jangan pernah kita membatasi orang tua melaksanakan ibadahnya, selama menunaikan ibadah haji di Mekkah. Sabar dalam segala hal selama pelaksanaan ibadah haji dan ikhlaskan diri kita dalam melaksanakan ibadah,’’pinta Bupati.

Selain itu, bupati minta para CJH  untuk memperbanyak ibadah-ibadah sunnat di Tanah Suci Mekkah, maupun saat berada di Madinah. Usahakan Sholat lima waktu di Masjidil Haram.

‘’Kedepannya belum tentu kita menunaikan ibadah haji lagi. Insyaallah semua jemaah kita menjadi haji yang mabrur, kembali ke Tanah Air dengan selamat, diberi rezeki dan keimanan yang terus bertambah,’’harap Bupati.

Acara silaturahmi dan pelepasan keberangkatan CJH Merangin itu, diisi dengan acara doa bersama dan syukuran keberangkatan CJH. Semua CJH tampak fokus mengikuti jalannya acara.

CJH Merangin pada Kamis malam (09/8) berangkat dari Bangko menuju Kota Jambi. Pada Jumat (10/8) istirahat di Asrama Haji Kota Jambi dan pada Sabtu mengenakan pakaian ihram berangkat ke Embarkasi Batam menuju Tanah Suci.

Dari 504 CJH itu, sebanyak 232 orang laki-laki dan perempuan sebanyak 272 orang. CJH termuda laki-laki Hari Purnomo bin Tarmudi (29), warga Pematang Kandis Bangko kelahiran 17 Juli 1989.

CJH perempuan termuda Rizki Rahayu bin Zubir (25) warga Pulau Aro. CJH laki-laki tertua Rejo Nitiwiyono (87) warga Desa Bungo Tanjung Tabir Selatan dan JCH perempuan tertua Mara’i (79) warga Desa Rantau Suli Jangkat Timur.(teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top