Minggu, 18 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya - Advetorial

H Zumi Zola : Silaturahmi dan Sinergitas Pembangunan

Rabu, 13 Juli 2016 19:21:22 wib
Penyambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola Kunjungan ke Muara Bungo

JAMBIDAILY BUDAYA-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa silaturahmi dan halal bi halal yang dilakukannya dengan tokoh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi juga ditujukan untuk meningkatkan sinergitas (kesatupaduan) program pembangunan.

"Semangatnya adalah untuk mempererat silaturahim dan berharap silaturahim itu bisa turun kebawah, sampai ke tingkat paling kecil. Kalau silaturahmi sudah baik, maka akan lebih mudah untuk menjalankan program pembangunan,"ungkap Gubernur saat  Halal bi Halal Idul Fitri 1437 H dengan Tokoh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bungo, bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Bungo, Rabu siang 13 Juli 2016.

Zola mengatakan, kedatangannya untuk meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat dan berharap silaturahmi dan hubungan baik bisa dipertahankan.  Kalau Pemerintah Provinsi sejalan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, maka bantuan dari Pemerintah Pusat akan lebih mudah didatangkan.

"Kalau provinsi dan kabupaten/kota sejalan, maka Pusat akan lebih mudah membantu. Saya akan membantu semua kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk memperjuangkan kepentingannya di Pusat."

Zola mengajak masyarakat untuk mengurangi ketergantungan perekonomian pada komoditi karet dan sawit, seperti Kabupaten Sarolangun telah mengembangkan komoditi alternatif selain karet dan sawit, yaitu ubi racun dan jahe gajah, Kerinci selain mengembangkan kayu manis juga mengembangkan peternakan.

"Kita harus mendorong UMKM kita, UMKM masalahnya apa? Modal. Saya sudah bilang ke pimpinan Bank Jambi supaya Bank Jambi siap menopang permodalan. Sebagai pemimpin kita harus punya solusi," tutur Zola.

Gubernur juga mengingatkan, bahwa ketergantungan Provinsi Jambi terhadap provinsi lain dalam pemenuhan kebutuhan pangan harus terus-menerus dikurangi.

"Seiap masuk Bulan Ramadhan, setiap puasa, harga bahan pangan melonjak naik. Permasalahannya adalah permintaan tinggi dan stok yang masih sedikit. Untuk itu, kita harus meningkatkan stok kita," terang Zola.

Zola mengatakan, dia sudah meminta kabupaten/kota memetakan potensi pangan, untuk kemudian ditanam komoditi pangan itu, serta agar ada keseimbangan tanaman karet dan sawit dengan tanaman pangan.
"Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu," sebut Zola.

Sedangkan adanya perbedaan pendapat, perbedaan pandangan dalam proses pemilukada sudah selesai, dan harus bersatu membangun Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi agar lebih baik lagi.

"Saya juga tidak akan pilih kasih dalam pembangunan Provinsi Jambi. Semua harus merata pembangunannya," pungkas Zola.

Bupati Bungo, H.Mashuri mengapresiasi silaturahmi yang Gubernur Jambi dengan tokoh masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bungo, serta berharap agar silaturahmi tersebut bisa dipelihara dengan baik.

Mashuri mengatakan, bulan lalu Bandara Bungo sudah dioperasikan kembali setelah sempat tidak beroperasi, dengan rute Jakarta Bungo menggunakan maskapai Sriwijaya Air, 4 kali seminggu.

Mashuri berharap, kembali beroperasinya Bandara Bungo bisa mempercepat laju perekonomian Kabupaten Bungo.

Selanjutnya, Mashuri mengharapkan agar gubernur terus memberikan perhatian dan bantuan terhadap pembangunan Kabupaten Bungo.

Perwakilan Tokoh Masyarakat Bungo, dalam sambutannya menyatakan, baru kali ini Gubernur Jambi yang datang halal bi halal dengan masyarakat.(adv)

Penulis   : Mustar Hutapea
Foto      : Roni
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top