Rabu, 22 Januari 2020 |
Wisata & Budaya

Hadapi MEA, Batanghari Andalkan Kue Bangkit

Sabtu, 12 Maret 2016 11:14:18 wib
Kue Bangkit (google.co.id)

JAMBIDAILY WISATA-Ditengah ketatnya persaingan global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi mengandalkan kue bangkit sebagai salah satu dari  tujuh produk unggulan.

"Menghadapi MEA, kita sudah memiliki produk khas Batanghari yang terdiri dari jenis makan dan pangan,"papar Kabid Perindag Batanghari, Suparno, baru ini kepada awak media.

Disebutkannya, dari ratusan produk industri kecil yang berada di bawah bimbingan Disperindag, hanya  7 produk yang dianggap siap untuk bersaing pada pasar MEA.

Kesiapan tujuh produk tersebut menghadapi MEA, karena telah memiliki standarisasi packing, legalitas dari instansi terkait.

Dari  jenis makanan,  produk  yang diandalkan  meliputi  kue bangkit dan  rengginang ubi.  Dua  produk tersebut sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI serta izin dari BPOM dan Dinkes.

Sedangkan jenis sandang yakni, batik, songket,  dan bordir, yang semuanya bermotif khas Kabupaten Batanghari sudah memiliki hak paten.

Sementara dari jenis kerajinan tangan, produk yang siap bersaing yakni anyaman resam tanjung marwo/ mebel kayu Pulau Betung,dan anyaman rotan Lopak Aur. Produk ini sudah sering dipamerkan dalam ajang berskala lokal maupun nasional

"Kami  terus  membina ratusan industri  yang lain  agar siap bersaing di MEA. Pembinaan ini meliputi cara pengemasan,  peningkatan kualitas produk, hingga pemasaran berbasis  internasional,"pungkas Suparno.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top