Selasa, 17 Juli 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bakal Terjadi Pada Tubuh Saat Kelebihan Minum Air

Sabtu, 07 Juli 2018 09:53:26 wib
copyright pexels.com/Katie Bishop

JAMBIDAILY KESEHATAN - Minum adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup termasuk kita. Setiap hari, kita akan memerlukan minum demi menjaga kesehatan tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Secara umum, kita membutuhkan asupan air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Tapi, ini bisa kurang dan lebih sesuai dengan berat tidaknya aktivitas yang dilakukan sehari-hari. 

Saat tubuh kekurangan air putih, ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi, saat tubuh kelebihan asupan air putih, ini juga berdampak buruk bagi kesehatan. Melansir dari laman boldsky.com, ada beberapa bahaya yang terjadi pada tubuh saat kita kelebihan minum air. 

Berikut 5 bahaya yang terjadi pada tubuh karena kelebihan konsumsi air. 

Mual
Bahaya pertama adalah mual. Ketika kamu kelebihan asupan air, ini akan membuat perut terasa mual. Ini juga membuat pencernaan terasa tidak nyaman. Tak hanya mual, beberapa gangguan pencernaan seperti diare, muntah dan perut nyeri juga bisa terjadi akibat kelebihan asupan air. 

Buang Air Kecil Terlalu Sering
Saat tubuh mendapat asupan air yang berlebih, ini bisa meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh. Sementara tubuh tidak terlalu banyak bergerak, cairan yang ada akan dikeluarkan lewat kencing. Kamu pun bisa buang air kecil atau kencing dengan intensitas yang sangat sering akibat minum air terlalu banyak. 

Tubuh Merasa Lelah
Minum dalam jumlah banyak membuat ginjal bekerja dengan keras. Akibatnya, tubuh pun akan mudah merasa lelah. Tubuh juga akan rentan mengalami pegal-pegal, tidak nyaman dan sakit. Terlalu banyak minum juga akan membuat kadar elektrolit dalam tubuh berkurang sangat banyak dan menyebabkan otot kaku, kram serta sakit.  

Kepala Pusing
Minum terlalu berlebihan juga bisa meningkatkan risiko sakit kepala atau kepala pusing. Bagaimana ini bisa terjadi? Dengan minum banyak air bisa membuat kadar sodium dalam darah menjadi rendah. Jika sudah begitu, ini akan mempengaruhi ukuran orak. Kondisi inilah yang bikin kepala jadi sakit. 

Urine Berwarna Bening
Hal yang bakal terjadi selanjutnya pada tubuh adalah urine berwarna bening. Jika mengalami hal ini, usahakan untuk mengurangi konsumsi air putih dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu. 

Meski minum air putih menyehatkan dan sangat dianjurkan, minum terlalu banyak rupanya tidak baik buat kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu memiliki kondisi tubuh yang fit setiap harinya. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top