Rabu, 22 Januari 2020 |
Politik

Hebat...Kota Jambi Masuk Tiga Organisasi Internasional

Senin, 12 September 2016 20:37:02 wib
uclg aspac

JAMBIDAILY POLITIK-Dinilai memiliki prestasi dalam tiga tahun terakhir dalam pengelolaan sampah, lingkungan dan penataan pemerintahan, Kota Jambi berhasil masuk dalam tiga organisasi international.

"Alhamdulillah, hingga saat ini Kota Jambi masuk menjadi anggota (member) tiga organisasi international,"ungkap Walikota Jambi, H Sy Fasha ME, kepada jambidaily.com, usai melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 H/2016, Senin 12 September 2016 di Balaikota Jambi.

Ketiga organisasi iternatioanl tersebut,  UNESCAP di bawah nauangan PBB bergerak pada bidang pengolahan sampah, serta organisasi INKLE bergerak pada bidang lingkungan dan UCLG ASPAC bergerak pada bidang pemerintahan daerah.

"Manfaat yang kita (kota Jambi-red) dapatkan itu dalam kurun waktu tiga tahun mendapatkan bantuan kuncuran dana lebih kurang mencapai Rp1 triliun untuk pembangunan kota, diantaranya seperti pengolahan sampah menjadi energeri terbarukan dan pembangunan IPAL dengan sistem terpusat,"papar Wako.

Bahkan beberapa waktu lalu, Walikota Jambi diundang menjadi pembicara pada kongres UCLG ASPAC 2016, di Jeollabuk-do, South Korea.

Dan pada kongres tersebut Kota Jambi, Tangerang Selatan dan Kota Solo terpilih menjadi konsil tingkat internasional pada kongres itu.

"Ini memberikan akses bagi kota Jambi untuk berhubungan dengan Pemerintah Daerah di luar negeri dalam bekerjasama dalam bidang pembangunan melalui dana dari negara donor , dan lembaga-lembaga internasional bagi daerah yang membutuhkan dana,"papar Fasha.

Dalam kongres UCLG ASPAC tersebut, Kota Jambi dapat bekerjasama dalam semua bidang diantaranya,  infrastruktur, kesehatan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, kota pintar dan juga terkait dengan tugas pemerintah daerah itu sendiri.

"Yang tergabung pada kongres itu dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan dan menampung semua bantuan donor untuk disalurkan kepada pemerintah daerah, dan dengan keterlibatan ini juga membuat akselerasi pembangunan kota Jambi yang lebih cepat lagi,"pungkasnya.(*)


Penulis    : M Chandra Harfi
Editor     : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top