Kamis, 21 Juni 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Hendak Membayar Zakat? Perhatikan Adab-Adabnya Berikut Ini

Kamis, 14 Juni 2018 07:50:44 wib
copyright shuterstock.com

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Membayar zakat menjadi salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib. Zakat sendiri ada zakat fitrah yang dibayarkan di bulan Ramadan menjelang Hari Raya. Ada pula zakat mal yang merupakan zakat harta benda dan wajib dibayarkan sewaktu-waktu. Mengenai pembayaran zakat ini, hendaknya seorang muzakki (orang yang hendak membayar zakat) memperhatikan berbagai adab dalam membayar zakat. 

Apa saja adab yang perlu diperhatikan? Simak ulasannya yang berikut ini. 

Bila Tiba Waktu Wajibnya, Segera Bayarkan Zakat
Segera bayarkan zakat jika waktu wajib untuk membayarnya telah tiba. Dengan segera membayar zakat, itu artinya kita menunjukkan bahwa kita begitu senang menaati perintah Allah, kita bisa membahagiakan orang yang menerima zakat dan menghindari maksiat.

Rahasiakan Pembayaran Zakat
Dalam surat Al-Baqarah ayat 271 Allah berfirman,

"Dan apabila kalian menyembunyikan (pembayaran) zakat dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikannya itu baik bagi kalian."

Usahakan agar merahasiakan pembayaran zakat dan biarkan Allah saja yang tahu. Dengan merahasiakan pembayaran zakat, ini juga melatih kita untuk tidak sombong, tinggi hati dan riya'. 

Membayar Zakat Secara Terang-Terangan
Memang, membayar zakat secara rahasia sangat disarankan agar tidak ada sifat pamer atau riya. Namun, membayar zakat secara terang-terangan juga disarankan dengan tujuan agar orang lain meniru kebaikan yang dilakukannya. Tapi, jika membayar zakat yang dilakukan secara terang-terangan hanya karena ingin pamer atau riya, sebaiknya pembayaran zakat ini dilakukan dengan rahasia. 

Keluarkan Zakat Terbaik
Usahakan untuk mengeluarkan zakat dengan harta terbaik. Dalam surat Al-Baqarah ayat 267 Allah berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usaha kalian yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kalian, dan janganlah kalian memilih yang buruk-buruk lalu kalian menafkahkan daripadanya, padahal kalian sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata padanya."

Pilih Penerima Zakat yang Paling Pantas Menerimanya
Pilihlah penerima zakat yang benar-benar pantas menerimanya yakni orang-orang yang tidak mampu, orang-orang yang membutuhkan uluran tangan orang lain dan orang-orang yang masih keluarga juga kerabat. 

Tidak Merusak Kemuliaan Zakat
Dalam surat Al-Baqarah ayat 264 Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menghilangkan (pahala) zakat kalian dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima). Artinya, saat membayar zakat jangan mencerca penerima zakat atau memandang rendah penerima zakat. Bayarkan zakat dengan ramah, sabar dan penuh keikhlasan. 

Ladies, itulah beberapa adab yang penting diperhatikan ketika hendak membayar zakat. Sudahkah kamu menyiapkan zakat yang hendak dibayarkan tahun ini? Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top