Kamis, 18 Oktober 2018 |
Suaro Wargo

Herni Yanti: Handphone dan Game Bisa Merusak Masa Depan Anak

Jumat, 25 Mei 2018 14:13:23 wib
ilustrasi/Google.co.id

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Pada saat ini kita berada pada era dimana teknologi semakin maju, informasi sangat mudah dan cepat, kita ketahui salah satu contoh kemajuan teknologi yaitu munculnya berbagia jenis handphone dengan berbagai kelebihan ”tertentu dan kelengkapan tertentu”.

Kemajuan teknologi ini selain membawa pengaruh positif juga membawa pengaruh negatif contohnya sekarang anak usia dini sudah pandai memakai media komunikasi, orang tua dengan mudah  memberikan memberikan media ini kepada anak-anaknya. Tanpa memperhatikan efek sampingnya, ketika seorang anak sejak usia dini sudah diberikan handphone dan ia menggunakan handphone untuk bermain game ini dapat mempengaruhi terhadap kesehatan mata dan kecerdasannya.

Dimana handphone bisa mempengaruhi pemikiran atau kecerdasan anak kedepannya dan bisa membuat anak jadi malas untuk belajar. Mereka cenderung menghabiskan waktu untuk bermain handphone karena game yang ada dan bisa menghambat atau mempengaruhi masa depannya; anak tersebut tidak fokus; tidak mempunyai rasa ingin belajar; dan rasa ingin pintar dalam menuntut pendidikan. Dampak paling cepat ialah menimbulkan rasa malas sekolah.

Keluarga dan orang tua harus membimbing anak, dan tidak memberikan handphone anak lebih memilih belajar, orang tua harus mengatur dan membagi waktu untuk anak, tidak sibuk dengan pekerjaan sendiri, harus memberikan perhatian dan waktu untuk anak agar anak tidak terpengaruh dan anak bisa merasa bahagia lalu semangat untuk belajar tentunya bisa membuat masa depan bagus, cerah, bisa jadi orang yang sukses.

Cara mengatasi anak usia dini agar tidak bermain handphone

  1. Orang tua harus memberi waktu banyak kepada anak tersebut.dan membimbing anak untuk belajar dan mengatur waktu anak untuk bermain
  2. Anak harus dikenalkan dengan dunia pendidikan dan mengajarkannya.
  3. Anak harus diberi kegiatan bermain, contoh berenang, senam, agar anak tidak bosan.
  4. Membawa anak liburan
  5. Beri kesempatan untuk bermain sama teman sebayanya
  6. Orang tua jangan bermain handphone di depan anak. Apalagi  memberikannya handphone kepadanyan dan jangan sembarangan menyimpan handphone, harus di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak.

Kita harus menjaga agar tidak terjerumus karena handphone dan tidak merusak masa depannya, pemikirannya jagalah anak dan jangan diberikan handphone pada usia dini dan dimasa sekolahnya.

 

 

...
Ditulis oleh
Nama: Herni yanti 
Jurusan: Prodi Tadris Matematika 
semester/lokal: II B
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi
 

 

 

 

*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top