Selasa, 19 Desember 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Hidup Sehat Semua Terasa Nikmat

Sabtu, 01 April 2017 08:53:52 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-“Hidup Sehat Semua Terasa Nikmat” mungkin itu kata yang pas untuk mensyukuri betapa mahalnya nilai kesehatan tubuh dalam kehidupan kita.

Namun karunia kesehatan tersebut tidak datang begitu saja dan harus dijaga seiring menjalani aktifitas sehari-hari.

Sebagaimana dikutip dari laman pintusehatku.com, meskipun sehat itu mahal, sebenarnnya untuk memperolehnya bukanlah hal yang sulit dan juga tidak perlu keluar biaya mahal.

Hidup sehat bisa dimulai dari hal kecil dan sekarang juga. Jangan menunda untuk hidup sehat. Menata pola hidup sehat mulai dari hal kecil seperti membiasakan bangun pagi, mandi, sarapan, beraktivitas, tidur tepat waktu, hingga bangun lagi pada tepat waktu. Melakukan hal itu secara rutin dan pada waktu yang sama akan membuat hidup anda terasa lebih bugar dan fit.

Memang bukan hal yang mudah kalau pola hidup yang kurang sehat ingin di ubah ke pola hidup yang sehat. Apalagi kalau sudah membiasakan hidup tidak sehat. Ini akan lebih sulit lagi. Pasti akan menemukan banyak kendala didalamnya. Salah satunya adalah tergoda dengan kehidupan masa lalu yang membuat anda ingin kembali ke pola hidup masa lalu. Namun anda jangan khawatir, anda tetap bisa menanam pola hidup sehat dan mulailah dari sekarang.

Cara Menjaga Pola Hidup Sehat

1. Istirahat yang cukup

Dalam hal menjaga kesehatan tubuh, tentu anda perlu melakukan rutinitas istirahat yang cukup. Misalnya, tidur sesuai durasi waktu pada normalnya, tidur tidak larut malam, hingga bangun pada tepat waktu.
Lakukan hal itu setiap hari diwaktu yang sama. Ini akan membantu anda menjaga pola hidup yang sehat. Istirahat yang cukup setiap harinya akan membuat hidup tetap bugar dan semangat. berbeda jika tubuh selalu melakukan aktivitas yang berlebihan, ini akan membuat tubuh menjadi cepat lelah, lesu, dan akhirnya terserang berbagai macam penyakit.

2. Olahraga teratur

Selain istirahat yang cukup, anda juga perlu olahraga secara teratur setiap harinya. Ya, selalu berolahraga paling tidak 10 menit dalam sehari, yaitu dipagi hari. Atau mungkin hanya sekedar pemanasan
dibawah sinar matahari dipagi hari sebelum menjalankan aktivitas atau pekerjaan anda.

Hal ini sangat penting untuk anda lakukan agar kesehatan anda tetap terjaga dan hari-hari anda pun tetap semangat. Tak perlu olahraga yang berat-berat, anda meluangkan waktu hari libur anda untuk berlari-lari kecil mengelilingi komplek dipagi hari, ini akan menambah kesehatan dan juga semangat serta percaya diri anda.

3. Menerapkan pola hidup bersih

Kebersihan memang sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Ya, dimana tempat itu bersih pasti kemungkinan besar akan tertanam kesehatan yang lebih. Begitu pula sebaliknya. Menerapkan pola hidup bersih bukan hanya baik untuk kesehatan anda, namun juga akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan aktivitas pun menjadi semangat untuk dijalankan. Tetaplah jaga kesehatan dengan selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih.

4. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol atau yang memabukkan, dan juga kebiasaan buruk lainnya. Ini perlu anda hindari karena dapat merusak kesehatan tubuh anda. Bukan hanya merusak kesehatan, bahkan umur anda pun akan semakin pendek bila selalu melakukan dan membiasakan kebiasaan buruk tersebut. Tetaplah membiasakan hal yang baik dan yang mendukung kesehatan anda.

5. Perbanyak minum air putih

Air putih atau air mineral merupakan suatu sumber kehidupan bagi kehidupan. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, karena selain tubuh anda terhidrasi, anda pun akan memperoleh kesegaran pada tubuh dan juga kelembapan pada kulit anda. Jadi, bukan hanya bagian dalam tubuh anda saja yang merasa diuntungkan, kesehatn kulit anda pun akan selalu terjaga jika anda membiasakan rutin minum air setiap hari. Setidaknya minum air tiap hari minimal 7-8 gelas.

6. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Dalam menjaga pola hidup sehat, tentu anda juga perlu memperghatikan pada makanan yang anda makan. Seperti apa makanan yang anda makan dan apakah makanan tersebut layak untuk anda konsumsi. Jangan asal makan dan tidak memperhatikan kandungan gizinya.

Memang kebanyakan orang sekarang yang penting makan enak dan perut kenyang, tidak peduli seperti apa kandungan makanan itu. Pastikan anda selalu mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan gizi lainnya.

7. Menghindari makanan berlemak tinggi

Berbagai macam makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih memang perlu anda hindari agar kesehatan tetap terjaga.
Banyak makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti makanan yang digoreng, bersantan, daging berlemak, kulit ayam, keju, dan makanan lainnya.

Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi akan dapat membuat kolesterol dalam tubuh anda terus menimbun dalam pembuluh darah. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung ataupun diabetes.

Dan juga dalam mengolah dan memasak makanan pun harus dengan cara yang benar. Sebab, banyak juga yang tidak memperhatikan bagaimana cara memasak yang benar, sehingga menghilangkan kandungan nutrisi dan gizi dalam makanan tersebut.
 
Yuk saatnya kita mulai hidup sehat agar semua terasa nikmat (*)

Editor    : Hery FR
Sumber : Viva.co.id/pintusehatku

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top