Jumat, 19 Juli 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Hingga Saat Ini, Baru Tujuh Puskesmas Ikut Proses Akreditasi

Rabu, 24 Februari 2016 20:05:12 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Dari 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 8 kecamatan dalam Kabupaten Batanghari, baru tujuh puskesmas menjalani proses akreditasi yang tahapannya dimulai tahun 2015 hingga 2019.

Akreditasi ini mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 46/2014 tentang Sistem Informasi Kesehatan yang mewajibkan Puskesmas, klinik pratama dan praktek terakreditasi agar ada standarisasi layanan kesehatan yang cepat, akurat, hemat dan punya nilai mutu tinggi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, Ayub Khan melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat,  Geshan Simarmata, mengatakan, sejak dicanangkan akreditasi puskesmas pada 2015, Kabupaten Batanghari mengajukan 2 puskesmas untuk proses akreditasi.

"Selain 2 puskesmas dari dinas kesehatan Batanghari,  juga ada 2 Puskesmas yang diajukan oleh provinsi, jadi total ada 4 puskesmas yang melakukan proses akreditasi di 2015. Pada tahun ini kami mengajukan 3 puskesmas untuk tahap awal akreditasi (tahap komitmen),"paparnya baru ini kepada sejumlah awak media.

Setidaknya dibutuhkan sembilan bulan untuk mempersiapkan puskesmas jelang survey akreditasi.

"Dari pihak dinas memfasilitasi pendamping dan survey, sementara untuk yang lainnya dilakukan pihak puskesmas sendiri," lanjutnya.

Untuk bisa mengikuti akreditasi, ada cukup banyak item yang dilengkapi oleh puskesmas diantaranya secara administrasi harus jelas, memiliki Standar Pelayanan Operasional  (SPO), perijinan puskesmas juga harus jelas.

"Puskesmas yang sudah terakreditasi juga merupakan satu diantara persyaratan memberikan pelayanan BPJS Kesehatan, untuk itu setiap Puskesmas diharapkan pada 2019 sudah terakreditasi,"tutupnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top