Sabtu, 18 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Hj Sherrin: PHBS Kenalkan Pada Anak Sejak Dini

Sabtu, 15 Oktober 2016 21:45:00 wib
Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Sherrin mengungjungi Siswa SDN 214/IV Kota Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola meminta para orangtua memperkenalkan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada anak sejak dini.

"Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu indikator prilaku hidup bersih dan sehat, harus diterapkan dan diperkenalkan pada anak-anak dari sedini mungkin, sehingga budaya hidup sehat dapat diterapkan sampai anak tumbuh dewasa,"ungkapnya, saat menghadiri perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang berkerjasama dengan TP-PKK se-Indonesia dengan Sabun Lifebuoy, Sabtu 15 Oktober 2016, di SD Negeri 214/IV, Kota Baru Jambi.

Tangan merupakan salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit kedalam tubuh, sebab tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Penyakit-penyakit yang umumnya timbul karena tangan yang berkuman diantaranya diare, kolera, ispa, cacingan, flu dan Hepatitis,"jelas Hj. Sherrin.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) atau Global Handweshing Day merupakan sebuah kampanye global yang dirancang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkerja sama dengan organisasi-organisasi lainya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan prilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat.

" HCTPS merupakan upaya menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia," tutur Hj. Sherrin.

Dijelaskan Hj. Sherrin, penunjukan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada tanggal 15 Oktober dilakukan pada pertemuan tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada tanggal 17-23 agustus 2008 di Stockholm.

"Seiring dengan penunjukan tahun 2008 sebagai tahun Sanitasi Internasional oleh rapat umum PBB."

"Dengan menggunakan moment Internasional seperti Hari Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan aksi Advokasi kepada pemerintah daerah sebagai upaya promotif terhadap prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun agar dapat menjadi Budaya Bangsa Indonesia sehingga angka kematian dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh lingkungan dapat berkurang," sambung Hj. Sherrin.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se Dunia Tahun 2016 dari TP-PKK Provinsi Jambi  Tim Pokja IV, Diana Hastanti Katamso, dalam laporannya menyampaikan, Dasar kegiatan HCTPS se-dunia tahun 2016 adalah surat TP-PKK pusat nomor 90/Skr/PKK.Pst/IX/2016 tanggal 7 september 2016.

“Diharapkan adanya suatu kegiatan yang sama secara berjenjang di seluruh Indonesia. Peserta kegiatan diarahkan kepada murid sekolah SD atau TK, kami mengarahkan kepada SD 214/IV kel. Pal 10 Kecamatan Kota Baru sebanyak 50 orang siswa,"papar Diana.

Tujuan dilaksanakan HCTPS ini adalah sebagai mensosialisasikan kepada masyarakat terutama kepada anak-anak usia sekolah untuk membiasakan hidup sehat serta membiasakan keluarga untuk cuci tangan dengan air bersih dan sabun.

"Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara HCTPS ini,"ungkapnya.

Kepala sekolah SD, Negeri 214/ IV Kota Jambi Yuniarti, Spd, Mpd, menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya SD 214 sebagai penyelenggara. "

SD 214/IV telah banyak meraih prestasi ditingkat provinsi dan Kota Jambi, sekolah lingkungan sehat, kepala sekolah berprestasi dan kami mohon do'a restunya sekolah ini juga akan ikut lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jambi," jelasnya.

Turut serta pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Andi Pada, Kepala SKPD terkait Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi serta para undangan lainnya.(*)

Penulis   : Sapra Witani HMS
Foto      :  Kamarul Zaman/Roni
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top