Rabu, 22 Januari 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Hj Sherrin Tharia Zola : Bunda PAUD Harus Memotivasi Masyarakat

Rabu, 21 Desember 2016 09:52:44 wib
Peringatan Hari Anak Nasional Tanjabtim

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Ketua TP-PKK Provinsi Jambi yang merupakan Bunda PAUD Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola mengemukakan, sebagai Bunda Paud harus bisa memotivasi masyarakat, tidak hanya berpangkutangan tetapi harus menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dalam meningkatkan minat anak untuk belajar dari sedini mungkin.

"Walaupun anak dalam masa perkenalan,"demikian dikemukakan saat memperingati Hari Anak Nasional dan Pengukuhan Bunda PAUD Tanjung Jabung Timur, Selasa sore (20/12/16) bertempat di gedung PKK Tanjung Jabung Timur, dengan tema "Kita Tingkatkan Peran Serta Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini."

Anak adalah generasi penerus bangsa, salah dalam mendidik dan mengasuh anak, maka hancurlah bangsa." Untuk itu pemerintah sangat peduli sekali dengan dunia anak, terlebih anak usia dini, karena anak usia dini lah terjadi pertumbuhan otak yang luar biasa pada manusia sekitar 80 persen pertumbuhan otak kerja saat ini," jelasnya.

Tujuan dibentuknya organisasi-organisasi wanita juga membantu menunjang pengasuhan anak-anak generasi penerus bangsa agar tumbuh secara optimal.  Pemerintah melibatkan Bunda PAUD mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat desa.

"Kepala Desa dan Lurah merupakan pengerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6) tahun diwilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas."

"Bunda Paud merupakan predikat yang diberikan kepada Istri Kepala Pemerintah dan kepala daerah mulai dari istri Presiden, Gubernur, Bupati/walikota, Camat, Lurah dan Kepala Desa. Yang merupakan pengerak utama dalam pembinaan dan layanan bagi anak usia dini,"ungkap Hj Sherrin.

Dengan dikukuhkannya Bunda PAUD Kabupaten Tanjung Jabung Timur yaitu Hj. Wirdayanti Romi diharapkan akan membawa perubahan di bidang pendidikan anak kearah yang lebih baik lagi. Selain harus sering turun langsung ke desa-desa juga harus bisa mensinergikan program PAUD pusat dengan daerah agar semua kegiatan bisa nyambung, harapnya.

Sebelumnya, Bunda PAUD Tanjung Jabung Timur Hj. Wirdayanti Romi, menyampaikan, PAUD merupakan konsep-konsep dasar pendidikan dan pondasi awal kehidupan masa depan manusia. Anak usia dini 0 sampai 6 tahun adalah usia masa perkembangan serta pengalaman belajar yang diperoleh akan membentuk Arsitektur perkembangan otak anak menjadi kuat dan cerdas, kualitas anak juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan gizi, perawatan serta pengasuhan dan perlindungan anak dari berbagai macam persoalan.

Dia mengajak semua yang hadir untuk memberikan pengalaman belajar anak semenjak sedini mukin, tentu dimulai dari keluarga dulu.

"Karena pendidikan sejak dini itu ibarat orang melukis diatas batu, meskipun keras tapi goresannya tidak akan hilang, tapi pendidikan dimulai sejak dewasa ibarat menulis diatas air, meski lunak tetapi tidak akan meninggalkan berkas."

"Sebelumnya kami menyelenggarakan berbagai kegiatan dan berbagai perlombaan untuk memotivasi bagi anak untuk bersemangat belajar,"paparnya.

Pengukuhan Bunda PAUD Tanjung Jabung Timur Hj. Wirdayanti Romi ditandai dengan pemasangan Selendang oleh Bunda PAUD Provinsi Jambi Hj. Sherrin.

Turut serta pada kesempatan ini Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Para kepala SKPD terkait, para orang tua wali murid, para undangan lainnya.

Penulis     : Sapra Wintani (HMS)
Foto        :  Ardi S
EDitor      :  Franky Wijaya

KOMENTAR DISQUS :

Top