Rabu, 22 November 2017 |

HJ.Yusniana: Generasi Muda Itu Calon Pemimpin, Bekerjalah dengan Ikhlas untuk Masyarakat

Sabtu, 27 Juni 2015 20:06:10 wib
Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj Yusniana HBA memberi semgangat pada Mahasiswa Unbari bersama Rektor Unbari, H Fachrur Razi

JAMBIDAILY IPTEK-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri memaparkan 10 program PKK kepada ratusan mahasiswa Universitas Batanghari.

Pemaparan ini dilaksanakan pada pembukaan Diklat KKN Pos Pemberdayaan Keluarga angkatan ke-33 semester genap tahun ajaran 2014/2015,  Kamis (25/6) bertempat di aula  Universitas Batanghari. Hadir pada kesempatan ini diantaranya Rektor Unbari  dan para pengurus TP-PKK Provinsi Jambi.

Dalam pemaparannya Hj.Yusniana Hasan Basri menyatakan bahwa KKN Posdaya ini dengan 4 pilar mempunyai persamaan tujuan dengan 10 Program Pokok PKK, yakni pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Yusniana memotivasi seluruh mahasiwa/i peserta KKN Posdaya untuk melaksanakan KKN Posdaya sebaik mungkin, sebagai pengabdian kepada masyarakat, agar masyarakat merasakan manfaat KKN Posdaya.

“Anak-anak sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pemimpin negeri ini saya harapkan dapat bekerja dengan ikhlas untuk kesejahteraan masyarakat, dan ketika sampai di tengah masyarakat jangan bersikap seperti kitalah yang paling hebat tetapi harus bersikap rendah hati, ikhlas, santun dan jaga tata bahasa, tempatkan diri dengan baik di tengah masyarakat” ujar Hj.Yusniana Hasan Basri.

Disampaikan Hj.Yusniana bahwa dirinya mengapresiasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Hj. Yusniana berpesan supaya peserta KKN Posdaya bisa bekerjasama secara tim dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam KKN Posdaya tersebut. Yusniana mengungkapkan, kemauan merupakan hal yang paling penting dalam pemberdayaan masyarakat. "Kalau bergerak di tengah masyarakat, nanti dulu mampu, yang penting mau dulu dan saya sangat menyambut baik, memberi apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa. Tantangan bukan halangan dalam pelayanan kepada masyarakat," ungkap Yusniana.

Ditegaskan Hj. Yusniana bahwa dirinya mengharapkan dengan mengikuti KKN Posdaya ini, para mahasiswa/i peserta KKN semakin memahami kondisi masyarakat dan semakin peka terhadap masyarakat, serta selanjutnya bisa berkarya bagi kemaslahatan masyarakat.”Saya harapkan ketika anak-anak turun ke lapangan akan membantu memberikan program yang mampu membantu masyarakat contohnya di bidang pendidikan diharapkan anak-anak dapat mendata siapa saja anak-anak yang putus sekolah dan bagaimana caranya agar mereka dapat memperoleh pendidikan kembali dengan mengajukan program ke pemerintah untuk mendapatkan beasiswa atau pelatihan,, hal lain yang bisa dilakukan juga adalah dengan bekerja bersama PKK membuat sudut baca atau menggerakkan program koperasi bagi masyarakat, saya harap anak-anak dapat membantu dengan maksimal masyarakat kita” ungkapnya.

Pada kesempatan itu mahasiswa  dengan antusiasnya mengikuti kegiatan ini dan berkesempatan berdialog langsung dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri. Banyak  sekali pertanyaan yang dilontarkan  oleh mahasiswa diantaranya adalah bagaimana memotivasi masyarakat agar mau mengikuti program yang telah diberikan pemerintah yaitu koperasi.

Hj.Yusniana juga menanggapi pertanyaan mahasiswa tentang tupoksi TP-PKK yang dijelaskannya sebagai program nasional Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.(jambidaily.com/HMS/MAR)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top