Minggu, 17 Desember 2017 |
Pendidikan & Teknologi

HP Spectre 13, Laptop Layar Sentuh Tertipis Dijual di Indonesia

Rabu, 06 Desember 2017 00:17:00 wib
HP Spectre 13, laptop layar sentuh tertipis saat ini resmi masuk Indonesia, Selasa (5/12/2017). (Reska K. Nistanto/KOMPAS.com)

JAMBIDAILY LAPTOP, Teknologi - Hewlett Packard (HP) meluncurkan laptop Spectre 13 generasi kedua (2017) untuk pasar Indonesia. Laptop yang diklaim sebagai laptop layar sentuh paling tipis saat ini menjadi penerus Spectre 13 generasi pertama yang dirilis di tanah air pada Juli 2016 lalu.

Spectre 13 generasi kedua kini juga mengusung sejumlah peningkatan, baik dari segi fitur maupun spesifikasi.

Dari segi spesifikasi, HP Spectre 13 (13 inci) baru mengusung chip Intel generasi terbaru, Core i7 generasi ke-8 (Kaby Lake) dengan jumlah core prosesor yang lebih tinggi.

Kapasitas memori RAM maksimal juga telah ditingkatkan, dari 8 GB di pendahulunya, kini menjadi hingga 16 GB LPDDR3, walau varian RAM 8 GB tetap disediakan. Kapasitas penyimpanan SSD meningkat dari 512 GB menjadi 1 TB.

Meski demikian, Spectre 13 tidak dibekali dengan kartu grafis (GPU) khusus (dedicated), sehingga masih mengandalkan mesin CPU untuk mengolah gambar.

Sementara dari segi fitur, HP Spectre 13 dibekali dengan slot MicroSD untuk mempermudah transfer file dari perangkat lain, seperti foto dari smartphone, kamera digital, atau camcorder. Spectre 13 generasi terbaru ini juga dilengkapi dengan standar koneksi baru, USB Type-C (Thunderbolt).

Terdapat juga fitur pemindai sidik jari yang dipasang HP di sisi kanan laptop untuk keamanan dan kenyamanan.

"HP Spectre 13 terbaru ini benar-benar memberi attention pada detail yang tinggi, menggabungkan keindahan desain dan performa," kata COO HP Indonesia Hendry Widjaja di acara peluncuran di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Desain Spectre 13 memang tergolong tipis dari segi dimensi, bahkan lebih tipis dari MacBook Pro 13 inci. Bobotnya pun lebih ringan.

Spectre 13 memiliki ketebalan 10,4 mm sementara MacBook Pro 13 inci 14 mm. Bobot Spectre 13 juga hanya 1,1 kg sementara MacBook Pro 13 inci mencapai 1,3 kg.

Soal persaingan dengan MacBook ini, Melton Ciputra selaku Market Development Manager Consumer Notebook HP Indonesia sedikit mengupas kemampuan keyboard HP Spectre dengan MacBook Pro.

"Laptop dengan form factor tipis biasanya keyboardnya ngga enak, seperti ngetik di atas papan, keyboard kita punya travel distance 1,3 mm sehingga efek membal masih enak," ujarnya di kesempatan yang sama.

HP Spectre 13 mulai memasuki pasar Indonesia pada awal 2018 dengan banderol harga mulai Rp 22 juta.

 

(Kompas.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top