Jumat, 17 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

HUT RI ke 70, Dinkes Batanghari Gelar Sunatan Massal

Rabu, 12 Agustus 2015 04:34:49 wib
Sunatan massal sambut HUT RI ke 70 /2015 di Batanghari

JAMBIDAILY BATANGHARI-Dalam rangkaian menyambut HUT RI ke 70, Dinas Kesehatan Batanghari menggelar kegiatan sunatan massal.  Sekitar 500 anak-anak yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Batanghari mengikuti perhelatan tersebut.

Kadis Kesehatan Batanghari, M Ayub Khan mengatakan, sunatan massal ini diharapkan dapat membantu masyarakat miskin. Karena dengan adanya kegiatan sunatan  massal ini bisa mengurangi beban masyarakat yang tidak mampu.

"Ini yang bersentuhan  dengan masyarakat, dan semoga dengan apa yang dilakukan oleh Pemkab bisa mengurangi beban  masyarakat. Dan Alhamdulillah hingga saat ini sudah ada 500 anak-anak yang sudah di sunat,"paparnya, Selasa (11/08).

Adapun anak-anak yang sudah di sunat massal diantaranya dari Desa Tebing Tinggi, Kecamatan

Marosebo Ulu, Simpang Kilangan, Kecamatan Muara Bulian, Belanti Jaya, Kecamatan Mersam, Bukit Sari, Kecamatan Marosebo Ilir, dan Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi.

"Kegiatan ini bersipat momentum, seperti pada saat MTQ  dan saat ini dengan moment menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015,"jelasnya.

Seperti hari ini, Selasa (11/08) di Desa Rambutan Masam, ada sekitar 70 lebih anak-anak di sunat yang  lokasinya di Aula Kantor Desa Rambutan Masam, yang menangani sekitar 5 tenaga medis untuk  menyunat, dan beberapa tenaga lain juga ikut membantu proses sunatan tersebut.

Namun  sebelum melakukan sunat, terlebiha dahulu Kadis Kesehatan, M Ayub Khan memberi arahan  kepada anak-anak, agar setelah di sunat jangab banyak bermain sebelum sunatnya benar-benar  sembuh.

"Anak- anak jangan dulu bermain sebelum sembuh, dan obat jangan lupa di makan agar luka sunat cepat sembuh."

Sementara untuk sunatan massal, pihak tidak mempunyai target. Karena ini tergantung permintaan dari desa yang bersangkutan untuk mengajukan kepada Bupati Batanghari.

"Tidak  ada target, berapapun nama yang diajukan oleh Kades setempat kepada Bupati Batanghari, dan  setelah itu bupati memberitahu kepada Dinas Kesehatan sebagai leading sector untuk  melanjutkan apa yang diajukan oleh desa yang sudah diajukan,"jelasnya.

Jamuddin warga Desa Rambutan Masam, mengatakan, dengan adanya kegiatan sunnatan massal ini sangat membantu bagi warga miskin. Apalagi saat ini kondisi harga karet dan buah sawit yang semakin memperihatinkan.

"Kami sangat bersyukur sekali dengan sunatan massal yang  gratis dari Pemkab. Karena dengan kalau sunat pribadi saat ini harus mengeluarkan uang Rp 300 ribu.  Tapi dengan sunat dibiayai oleh Pemkab tentu kami sangat berterima kasih,"pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top