Minggu, 20 Oktober 2019 |
Suaro Wargo

Idris Bijaika: Meningkatkan Minat Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika

Sabtu, 26 Mei 2018 14:29:49 wib
ilustrasi/sogood.id

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Sebegaimana kita ketahui materi matematika merupakan pelajaran yang paling ‘’ditakuti‘’ di antara materi yang lain bagi peserta didik. Materi matematika dianggap materi paling membosankan karena merupakan materi yang merupakan hafalan, konsep serta rumus-rumusyang memusingkan. Peserta didik lebih mementingkan atau menyukai materi yang tidak berbau hafalan dan angka-angka sehingga timbullah permasalahan berkaitan dengan kurangnya penguasaan materi matematika serta kerangnya minat siswa untuk belajar matematika. Siswa selalu berasumsi bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan.

Pembahasan :   Siswa sebagai objek belajar.

Salah satu penyebab kurangnya minat siswa dalam belajar matematika adalah kegiatan dalam proses belajar – mengajar yang masih di dominasi paradikma mengajar yang ;

  1. Guru aktif menyampaikan informasi, siswa pasif menerima.
  2. Siswa dipaksa mempelajari apa yang di ajarkan guru dengan sanksi mendapatkan hukuman jika tidak mengerjakan.

Dan yang terjadi apabila siswa dengan kondisi kurang minat untuk belajar matematika dibiarkan tanpa ada penanganan yang khusus hanya datang duduk dan diam menerima materi dari guru tanpa bisa memahami dan menikmati materi tersebut.

Troutman, Andria P., and Litenberg, Beny K. (1991). Mathematics a Good Beginning.

Ada beberapa metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Matematika kepada peserta didik.

  1. Penggunaan benda-benda (alat peraga) memudahkan peserta didik untuk bisa memahami konsep perhitungan Matematika dari pada sekedar menghafal sesuatu secara abstrak. Gunakan benda-benda yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari.
  2. Menggunakan permainan games Matematika, membuat Matematika menjadi pelajaran yang menarik dan disukai siswa.
  3. Mengajarkan Matematika  pada anak dengan memanfaatkan tekhnologi misalnya kita bisa mendownload games-games yang melibatkan konsep Matematika.

Serta masih banyak hal lainnya lagi yang perlu kita coba terapkan sehingga memungkinkan untuk kita menumbuhkan minat peserta didik.

 

 

...
Disusun Oleh
M. Idris Bijaika
Jurusan Matematika
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

 

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top