Jumat, 25 Mei 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Info Ramadan 2018: Puasa Dapat Bantu Sembuhkan Penyakit Maag

Kamis, 17 Mei 2018 07:48:03 wib
Manfaat puasa./Copyright shutterstock.com

JAMBIDAILY RAMADHAN, Kesehatan - Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa semangat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di Ramadan 2018 kali ini. Salah satunya adalah memahami berbagai manfaat puasa untuk kesehatan. Dengan memahami manfaat puasa, tak ada lagi rasa malas atau keluhan tak berguna yang akan kita lontarkan selama puasa.

Dari berbagai manfaat puasa, salah satu manfaatnya untuk kesehatan adalah bisa membantu menyembuhkan penyakit maag (lambung). Hal ini seperti yang dikutip dari buku The Miracle of Fast yang menjelaskan bahwa sejumlah dokter telah menegaskan bahwa puasa punya kemampuan efektif untuk mengobati ragam penyakit dan meringankan perasaan nyeri. Misalnya saja, penyakit radang usus besar dan radang kandungan empedu. Manfaat tersebut bisa didapat karena puasa dapat membuat seluruh orang tubuh beristirahat setelah mengerahkan energi berlebihan setiap hari.

Selama ibadah puasa yang kita lakukan sesuai dengan pola hidup sehat dengan tetap memenuhi syarat sah puasa, tubuh bisa mendapat banyak manfaat sehatnya. Lalu bagaimana kaitan antara aktivitas puasa yang bisa bantu mengatasi penyakit maag? 

1. Puasa dapat menstabilkan usus besar karena ketenangan batin yang dialami oleh orang yang berpuasa 
Dengan puasa, hilanglah gejala-gejala penyakit usus besar, seperti sakit perut, masuk angin, kembung, gangguan pada usus, diare, dan sembelit. Selama puasa kita lakukan dengan niat kuat untuk ibadah, tubuh bisa menyesuaikan dirinya untuk bertahan menstabilkan diri dengan baik. 

2. Puasa bisa bekerja menyeimbangkan persentase asam di dalam lambung
Saat puasa, tubuh akan berusaha menyeimbangkan persentase asam di lambung. Kita tahu sendiri kan kalau asam ini dianggap sebagai penyebab utama munculnya penyakit maag. Dengan puasa, tubuh bisa mengatur distribusi asam yang mengganggu sistem pencernaan di lambung. 

Puasa memang bisa jadi obat untuk berbagai penyakit. Manfaatnya untuk kesehatan bisa begitu positif. Tapi juga perlu diingat kalau kamu juga perlu memahami dengan baik kondisi tubuh dan kesehatanmu ya ladies. Pada kasus-kasus tertentu, seseorang bisa saja tidak dimungkinkan dapat berpuasa karena gangguan atau masalah kesehatan yang kronis.

Yuk, semangat puasanya di bulan Ramadan 2018. Puasa sebulan penuh kali ini harus bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 


(vem/nda)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top