Kamis, 27 Juni 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Ini yang Terjadi Kalau Cuek Sama Penyakit Diabetes

Jumat, 12 April 2019 07:25:39 wib
Foto: shutterstock

JAMBIDAILY KESEHATAN - Penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang sebenarnya dapat ditangani jika disiplin dalam menjaga kadar gula darah dalam batas sehat. Kendati demikian, masih banyak orang yang menyepelekannya. 

Dilansir dari freestylediabetes, beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul akibat menyepelekan diabetes di antaranya retinopati diabetes, neuropati, stroke, hingga serangan jantung. 

"Diabetes yang lebih cepat ditangani lebih baik untuk mencegah komplikasi jangka waktu yang pendek dan panjang. Beberapa komplikasi jangka panjang yang dapat dialami pasien diabetes tipe 2 meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah seperti serangan jantung, dan stroke, penyakit ginjal maupun mata," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Kamis (11/4/2019).

Menurut dr. Ervina, hal ini bukan hanya perlu diperhatikan oleh penyandang diabetes, tapi yang tidak memiliki riwayat diabetes pun dianjurkan untuk mengecek kadar gula darah secara rutin.

"Gula darah harus diperhatikan kadarnya karena bila meningkat dan tidak dikendalikan dapat membahayakan kondisi kesehatan dan bila tidak diatasi dapat makin parah. Untuk itu tidak cuma diabetesi saja yang harus mengendalikan gula darah, yang tak punya riwayat diabetes juga harus mengukur kadar gula darah dengan rutin," ujar dr. Ervina.

Untuk menjaga kadar gula darah, dr. Ervina juga menyarankan untuk memperhatikan asupan nutrisi. Salah satunya dengan memilih jenis karbohidrat dengan indeks glikemik rendah dan pilih makanan tinggi serat.

"Makan teratur di waktu yang tepat, mengendalikan asupan karbohidrat dan gula, dan mulai olahraga harus dilakukan secara efektif. Untuk membantu menjaga kadar gula darah pilih jenis karbohidrat yang tepat, yaitu yang memiliki indeks glikemik rendah serta tinggi serat sehingga bisa membantu mencegah kenaikkan kadar gula darah setelah makan," jelas dr. Ervina.

Selain itu, penyandang diabetes juga dianjurkan mengonsumsi nutrisi makanan pengganti seperti Diabetasol. Nutrisi makanan pengganti ini mengandung asupan nutrisi lengkap dan seimbang seperti Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. 

"Untuk mempermudah penghitungan total asupan kalori harian bisa dibantu dengan meal replacement khusus diabetes yang sudah terukur total kalorinya, memiliki indeks glikemik rendah, serta tinggi serat," tutup dr. Ervina. (mul/ega)

 

 

(health.detik.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top