Sabtu, 20 Januari 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Inilah Cara Jitu Hilangkan Rasa Lemas saat Puasa

Kamis, 02 Juli 2015 01:44:18 wib
ilustrasi lemas / lowtestosteronecure.org

JAMBIDAILY KESEHATAN-Puasa hakikatnya adalah menahan rasa lapar, haus serta hawa nafsu. Terkadang rasa lemas begitu terasa saat puasa, apalagi jika aktivitas sedang padat-padatnya.

Namun jika kamu mengalami rasa lemas yang terlalu sering saat puasa, meski sedang santai-santai dan sedikit aktivitas, berarti ada yang salah dengan metabolisme tubuh kamu. Metabolisme tubuh yang salah berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi.

Rasa lemas saat berpuasa umumnya disekarenakan penurunan kadar glukosa serta gangguan keseimbangan cairan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi  gandum, beras merah, buah-buahan, kentang rebus. Karena jenis makanan tersebut termasuk kategori diet berindeks glikemik rendah namun tinggi serat.

Konsumsi makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks membuat pencernaan akan berlangsung secara bertahap, sehingga kadar glukosa dalam darah akan lebih stabil. Jika kadar glukosa dalam darah stabil, otomatis rasa lemas saat berpuasa bisa terhindari.

Rasa lemas ketika puasa juga disebabkan kurangnya konsumsi cairan saat berbuka dan sahur. Dengan kata lain, kadar glukosa dalam darah bisa turun jika kurang minum air. Selain itu, tentu metabolisme tubuh juga terganggu jika tubuh kekurangan cairan.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus minum air minimal 8 gelas perhari. Karena ini bulan puasa, terapkanlah pola 2-2-4 untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air minum perhari. Yaitu 2 gelas air minum saat sahur, 2 gelas ketika berbuka dan 4 gelas di malam harinya.(Vlog)

KOMENTAR DISQUS :

Top