Kamis, 18 Januari 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Inilah Flakka Yang Harus Kamu Tahu, Bacalah...

Senin, 24 Juli 2017 03:16:49 wib
Seorang pria berbaju abu-abu terlihat berjalan seperti mayat hidup atau Zombie di antara kerumunan warga di jalanan Manchester, Inggris. Fenomena orang yang berkeliaran sambil tidak sadar diduga akibat penggunaan narkoba jenis baru. Dailymail.co.uk

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Flakka kini telah ada di Indonesia, sungguh sangat mengkhawatirkan bagi semua lapisan masyarakat, sebagaimana dilansir oleh kompas.com bahwa Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menyampaikan, narkoba jenis flakka telah masuk ke Indonesia. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan tim laboratorium BNN.

"Kemarin kita mengindikasi dari hasil laboratorium BNN, masuknya narkotika jenis flakka. Jadi, flakka yang ada di YouTube yang dilihat oleh masyarakat ternyata sudah masuk di Indonesia," kata Budi Waseso dalam acara "Pesan Buwas untuk Anak Indonesia" di Kantor BNN, Cawang, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

"Hal tersebut sudah dibuktikan oleh laboratorium kita. Yang lalu kita memang masih ragu-ragu, tetapi kemarin kita sudah nyatakan flakka sudah masuk Indonesia," ujar dia.

Inilah Fakta yang harus diketahui tentang flakka (weakwings.blogspot.co.id):

1. Apa itu flakka?
Flakka, atau yang bisa disebut gravel (kerikil) adalah nama 'jalanan' dari zat kimia a-PVP (alpha-pyrrolidinovalerophenone). Zat kimia ini adalah cathinone sintetis, seperti yang selama ratusan tahun telah digunakan oleh orang-orang Somalia dan Timur Tengah sebagai stimulant ringan alami, yang mereka dapatkan dari mengunyah tumbuhan herbal bernama khat. Namun flakka ini adalah generasi berikutnya yang merupakan versi lebih kuat dari 'bath salt'. Flakka sendiri telah dilarang oleh Drug Enforcement Administration (DEA) pada awal tahun 2014.

2. Apa efek dari penggunaannya?
Untuk dosis yang rendah, flakka adalah stimulant yang akan memberikan efek halusinasi ringan. Seperti pada kokain dan methamphetamine, flakka akan merangsang pelepasan zat seperti dopamine dan norepinephrine yang memberikan sensai menyenangkan pada otak. Narkoba ini juga akan menghambat neuron atau sel otak untuk menyerap kembali zat tersebut, sehingga efek dari narkoba ini mungkin akan lebih lama dari perkiraan orang-orang.

3. Apa bahayanya?
Bahayanya adalah potensi besar dari penyalah gunaan narkoba ini. Dosis umum dari a-PVP adalah 0,003 ons (0,1 gram). Jika lebih dari itu walaupun hanya sedikit saja, maka akan memicu efek yang sangat berlawanan. Bahkan overdosis ringan pun dapat menyebabkan ganggunan pada jantung, agitasi, dan gangguan kejiwaan.

Karena narkoba ini menyebabkan ketergantungan, maka penggunanya mungkin akan menggunakan kembali narkoba ini setelah dosis pertamanya, yang ternyata hal tersebut dapat langsung berujung pada terjadinya overdosis. Penggunanya mengatakan bahwa mereka tidak dapat berfikir, dan mengalami apa yang dikenal sebagai exited delirium syndrome, dimana tubuh mereka memanas bahkan dapat mencapai 40,5 derajat celcius, kemudian memicu mereka untuk melepaskan baju, menjadi kasar, agresif, sangat sensitif, dan mereka akan mengalami halusinasi (umumnya adalah halusinasi yang mengerikan, seperti dikejar oleh sesuatu). Narkoba ini juga akan memicu respon 'fight-or-flight' yang berbahan bakar adrenalin, sehingga akan menyebabkan penggunanya mendapatkan peningkatan kekuatan yang ekstrim, seperti yang telah dikabarkan diberita-berita. Bahkan dibutuhkan sampai dengan 4 ~ 5 orang untuk mengatasi satu orang pengguna, yang sedang dalam efek dari penggunaan flakka.

Untuk kondisi darurat, akan dibutuhkan obat penenang seperti benzodiazepine Ativan, untuk melawan efek narkoba pada tubuh si pengguna. Jika tidak dilakukan, maka mungkin saja si pengguna akan mati.

4. Bagaimana flakka dijual?
Menurut penelitian, a-PVP sering dibeli secara online dalam jumlah yang besar dibeberapa lokasi, khususnya di Cina yang jual dengan harga 1500 dollar per kg. Kemudian narkoba ini akan dijual dengan harga 4 ~ 5 dollar per dosis. Dosisnya pun sangat sedikit sehingga si pengedar bisa mendapatkan hingga 50,000 dollar, jika mereka sudah mempunyai jaringan untuk mengedarkannya. Karena harga yang terbilang murah (hanya 5 dollar), maka keluarlah istilah "$5 Insanity" untuk narkoba ini. "Kegilaan seharga 5 dollar".

5. Kenapa kita baru-baru ini sering mendengar tentang flakka?
Terbukti bahwa penyalah gunaan narkoba sangat sering terjadi saat ini. Laporan dari lab krimial bahwa penyitaan zat a-PVP telah meningkat dari 699 sampel yang terbukti positif pada tahun 2010, menjadi 16,500 pada tahun 2013, menurut informasi dari lab forensik nasional DEA. Dan menurut data, sekitar 22 persen narkoba yang telah dites positif a-PVP ini datang dari Florida selatan.(*)


Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top