Senin, 23 April 2018 |
Ekonomi

Inilah Kondisi Stock Sembako Merangin Hingga Idul Fitri 1436 H/2015

Minggu, 21 Juni 2015 21:05:04 wib
Bupati Merangin H Al Haris Bersama Forkompimda , Sidak Gudang Bulog Bangko

JAMBIDAILY BANGKO-Selama puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1436 H ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, stok kebutuhan Sembako masyarakat Bumi Tali Undang Tambang Teliti, masih sangat cukup.

Hal tersebut dikatakan bupati, usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Baru Bangko dan Bulog bersama Wabup H A Khafid Moein, Sekda Merangin H Sibawaihi dan Forkopimda pada Sabtu (20/06).

‘’Kebutuhan beras untuk masyarakat kabupaten Merangin perbulannya sekitar 208 ton, sedangkan stok yang tersedia di Gudang Bulog saat ini mencapai 800 ton. Belum lagi beras lokal dan dari kabupaten tetangga, seperti Kerinci,’’ujar Bupati.

Begitu juga lanjut bupati, dengan bahan sembilan pokok lainnya, berdasarkan pantauan yang dilakukan masih dalam kondisi cukup. Artinya terang bupati, selama puasa dan lebaran nanti, kebutuhan Sembako masih aman hingga tiga bulan kedepan.

Masih dalam kondisi cukup tersedianya Sembako itu jelas bupati, kenaikan harga Sembako pada bulan puasa dan menyambut datangnya Lebaran Idul Firtri tidak perlu dicemaskan.

Bahkan dengan persediaan Sembako yang aman itu, bupati memprediksi kenaikan harga Sembako tiga bulan kedepan tidak akan terjadi. ‘’Harga Sembako ini akan kita pantau terus, jika ada lenaikan cepat kita lakukan operasi pasar,’’jelas Bupati.

Pada kesempatan itu bupati juga memastikan kalau beras sintetis yang marak beredar di sejumlah pasar di Jawa, tidak sampai masuk ke Merangin. Ini ditegaskan bupati setelah melakukan pantauan ke sejumlah distributor beras di pasar-pasar.

Wabup Merangin H A Khafid Moein menambahkan, saat ini Pemkab Merangin terus berusaha memenuhi kebutuhan beras dari produksi lokal. Beberapa kecamatan di Merangin sudah mampu swasembada beras dengan menggarap lahan-lahan tidur.

‘’Banyak lahan tidur di Merangin telah dimanfaatkan untuk pencetakan sawah baru, sehingga banyak warga kembali ke turun sawah menanam padi. Kita harapkan ini akan berkembang hingga Merangin mampu swasembada beras,’’harap Wabup.

Bagaimana dengan harga daging menjelang lebaran nanti? Bupati mengaku telah memiliki banyak stok daging, untuk itu jelang lebaran nanti dipastikan bupati harga daging tidak lebih dari Rp 130 ribu perkilogramnya.

Harga yang masih tergolong tinggi itu, akan ditekan bupati hingga ke angka Rp 100 ribu perkilogramnya. ‘’Tradisi bantai ternak masih akan dilakukan jelang lebaran nanti, Pemkab Merangin juga memiliki banyak sapi yang siap potong jelang lebaran,’’tegas Bupati.(jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top