Sabtu, 17 Agustus 2019 |
Ekonomi

Inilah Tarif baru PDAM Tirta Mayang Jambi Per 1 Mei 2019

Jumat, 05 April 2019 21:42:47 wib
Saat Konferensi Pers/Foto: Humas Pemkot Jambi

JAMBIDAILY EKONOMI - Walikota Jambi, DR H Syarif Fasha ME, umumkan ke  masyarakat bahwa akan diberlakukan tarif baru Per 1 Mei 2019 untuk pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang kota Jambi, yang sempat sebelumnya tarif dirasakan berat oleh warga Jambi.

Hal tersebut disampaikan Walikota kepada jambidaily.com dan awak media saat menggelar Konferensi pers (Kamis, 04/04/2019) di Griya Mayang Rumah dinas WaliKota Jambi.

"Terkait kebijakan PDAM dan persetujuan Walikota, ada dasarnya saat dinaikkan tarif. PDAM Tirta Mayang satu-satunya di kota Jambi yang menyediakan air bersih, PDAM Tirta Mayang seyogyanya tahun 2015-2018 sudah mengalami kerugian lebih dari 11 Milliar. PDAM menghadap dan memberi usulan untuk harus menaikan tarif atau mencari solusinya, apabila tidak ada suntikan dana sampai bulan Oktober 2018, maka PDAM kolaps karena tidak bisa beroperasional kekurangan dana," Terang Syarif Fasha.

Syarif Fasha, katakan bahwa kenaikan tarif telah dilakukan sosialisasi ke setiap kecamatan dan komunitas untuk perubahan tarif, tidak ada penolakan dari warga, kecuali dua pesan yaitu Kualitas Air dan Air jangan sampai putus. 

"Tarif yang dinaikkan PDAM adalah tarif penyesuaian, sesuai kebutuhan operasional. Setelah dihitung dapatlah angka 4000 rupiah tarif dasar, awalnya usulan 4.800 namun saya menyetujui jika 4000 rupiah dan akhirnya terbitlah Peraturan Walikota (Perwal)," Jelas Syarif Fasha.

Setelah berjalan tarif baru, Syarif Fasha utarakan adanya gejolak-gejolak dari masyarakat ditanggapi juga tindaklanjuti dan dilakukan kembali perhitungan dengan PDAM Tirta Mayang, DPRD serta Pansus.

"Dari berbagai pertemuan dan pertimbangan adanya respon masyarakat, maka atas pertemuan hari ini (Kamis, 04/04/2019) kami memutuskan untuk mengubah beberapa poin terkait dengan kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan," Tegas Syarif Fasha.

Rencana Penyesuaian Kembali Tarif Air Minum

Penyesuaian Kembali besaran Pemakaian Air Minimum

(Hendry Noesae)

 

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top