Sabtu, 23 Maret 2019 |
Politik

Isu 7 Kontainer Surat Suara, KPU Tanjabtim : Masyarakat Jangan Mudah Terpancing Kabar Hoaks

Kamis, 03 Januari 2019 13:30:30 wib
Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis

JAMBIDAILY TANJABTIM - Jelang Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April 2019, isu-isu yang tidak bertanggung jawab kerap sekali muncul dipermukaan publik, seperti baru-baru ini beredar isu yang menyebut ada 70 juta surat suara yang sudah dicoblos di nomor urut 01 dalam tujuh kontainer. Kabar itu juga menyebutkan surat suara itu berasal dari China dan sudah disita TNI AL.

Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis dikonfirmasi sangat menyayangkan kabar hoaks soal surat suara yang sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok tersebut. Sebab ketika KPU RI bersama Bawaslu RI melakukan pengecekan ke lapangan, hasilnya tidak ditemukan adanya isu tersebut dan tidak terbukti. 

"Saat ini ada upaya pihak-pihak tertentu yang ingin mendelegitimasi penyelenggaraan Pemilu 2019, untuk itu masyarakat diminta untuk tidak mudah terpancing terhadap kabar hoaks yang dapat merusak kesejukan demokrasi kita,"kata Nurkholis Kamis (3/1/2019).

Lanjutnya Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam keterangan resminya memastikan kabar terkait adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok merupakan kabar bohong. 

KPU meminta, agar pihak kepolisian melacak dan menangkap penyebar berita bohong dan pembuat rekaman yang menyatakan adanya tujuh kontainer surat suara yang telah tercoblos tersebut.

Dijelaskanya, dalam pengecekan ke kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Arief didampingi oleh jajaran komisioner KPU, Ilham Saputra, Hasyim Asyari, Viryan Azis, dan Pramono Ubaid Tanthowi. Sementara dari pihak Bawaslu, hadir Komisioner Mochammad Afifuddin dan Rahmat Bagja.

Penulis : Hendri Rosta
Editor : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top