Selasa, 16 Oktober 2018 |
Peristiwa

Jambi Loloskan 31 Atlet ke PON XIX

Minggu, 22 November 2015 13:49:57 wib
PON XIX/2016

JAMBIDAILY PERISTIWA- Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera ke IX akhirnya usai dilaksanakan di Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, Sabtu (21/11) kemarin. Provinsi Jambi yang mengirimkan sebanyak 192 atlet dari 10 cabang Olahraga berada di peringkat ke delapan perolehan medali dengan 3 emas 10 perak dan 7 perunggu.

Tak hanya itu, Provinsi Jambi juga meloloskan sebanyak 31 orang atlet ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat (Jabar) 2016 mendatang. Dari 31 atlet ini masing- masing yakni di Cabor atlettik 1 orang, Silat 2 orang, Bulutangkis 3 orang, Takraw 5 orang, Panjat tebing 1 orang, Biliar 5 orang, Basket 12 orang, Renang 1 orang dan catur 1 orang.

Jika melihat cacatan sebelumnya pada Porwil ke IIV di Provinsi Kepri, Provinsi Jambi berada di peringkat ke sembilan dengan 2 Emas 2 Perak dan 8 Perunggu. Tentunya prestasi ini terbilang membaik dari Porwil sebelumnya, demikian sebagaimana rilis resmi Humas Koni Jambi kepada jambidaily.com, Minggu (22/11).

Selain itu, pada Porwil tahun ini Provinsi Riau tercatat menjadi Juara Umum dengan perolehan 41 emas 33 perak dan 21 perunggu. Diposisi kedua disusul oleh Sumsel dengan 35 emas 26 perak 27 perunggu, posisi ketiga dihuni oleh Sumut dengan 24 emas 21 perak dan 35 perunggu, diposisi keempat bertengger Sumbar dengan 20 emas 20 perak 28 perunggu. Sedangkan di posisi kelima tuan rumah dengan 18 emas 19 perak 21 perunggu.

Selanjutnya, penutupan pesta olaharaga terbesar di sumatera ini ditandai dengan pemadaman obor api Porwil oleh Gubernur Babel, Rustam Effendi. Tak hanya itu, penutupan ini juga ditandai dengan penyerahan bendera Porwil kepada perwakilan Provinsi Bengkulu karena menjadi tuan rumah Porwil ke X/2019

Ketua PB PORWIL Sumatera Ke IX/2015, Kolonel Inf Murlim Mariadi dalam sambutannya mengucapkan terimaksih kepada semua kontingen yang telah mengikuti acara ini. Ia juga mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung demi suksesnya pelaksanaan acara ini.

"Mewakili panitia, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberikan dukungannya," ujarnya.

Gubenur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan dengan usainya pelaksanaan Porwil ini mewakili pemerintah ia mengucapkan terimakasih. Menurutnya, Porwil ini tak hanya sebagai pesta olahraga namun merupakan ajang silaturahmi antara Provinsi se sesumatera.

"Kepada semua atlet yang lolos ke PON, saya ucapkan selamat bejuang. Semago kita bisa memberikan kebanggan kepada Provinsi masing-masing," tandasnya.(*)

KOMENTAR DISQUS :

Top