Kamis, 21 Februari 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Labu Kuning

Selasa, 31 Oktober 2017 08:32:18 wib
Manfaat labu kuning/Copyright Shutterstock

JAMBIDAILY KECANTIKAN, Kesehatan - Siapa yang tidak kenal dengan labu kuning? Buah ikonik yang kerap diidentikan dengan perayaan pesta Halloween ini merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Amerika. Namun, di Indonesia sendiri buah ini cukup mudah untuk dijumpai kok, baik di supermarket maupun pasar tradisional. Labu kuning kaya akan kandungan gizi yang penuh bermanfaat, di antaranya anti-oksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan juga serat. Selain enak dijadikan sebagai santapan, buah yang satu ini juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, lho. Kalau begitu, langsung saja yuk ketahui apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari labu kuning melalui artikel berikut ini!

Mengatasi Masalah Jerawat

Selain mengandung vitamin C dan vitamin E, labu kuning juga memiliki kandungan khusus sebagai anti-inflamasi yang baik dalam mengatasi masalah jerawat. Jika saat ini kulit kamu sedang berjerawat, mengalami iritasi ataupun peradangan, cobalah gunakan labu kuning untuk meminimalisirnya. Caranya cukup mudah kok! Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kamu juga dapat membuat masker wajah menggunakan buah yang satu ini dengan melumatkannya sampai halus, lalu oles langsung ke bagian kulit yang sedang bermasalah.

Melawan Radikal Bebas

Salah satu manfaat labu kuning lainnya yang bisa kamu peroleh adalah untuk melawan tanda-tanda penuaan di kulit akibat serangan radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, paparan polusi, asap rokok, dan sinar UV yang kita sering kita jumpai setiap hari akan sangat berpotensi memicu timbulnya tanda penuaan serta kerusakan jaringan kulit. Oleh karena itu, menambahkan labu kuning ke dalam rutinitas skin care kamu sangatlah dianjurkan. Hal ini dikarenakan kandungan anti-oksidan, vitamin A, dan vitamin E pada labu kuning mampu menjaga keelastisitasan, serta melawan bahaya radikal bebas yang membahayakan kulit. kamu dapat memanfaatkan labu kuning sebagai masker alami juga, lho! Caranya mudah, cukup campurkan labu kuning yang telah dihaluskan dengan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan ke seluruh bagian wajah selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga tak ada lagi residu yang tersisa.

Mencerahkan Kulit

Selain mampu menangkal radikal bebas, labu kuning juga mengandung enzim yang fungsinya mirip dengan kandungan alpha-hydroxy yang kerap dijumpai pada produk-produk pencerah kulit. Kandungan enzim ini bekerja secara efektif mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kekusaman di wajah. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan beta karoten dari vitamin A dan vitamin C yang mampu menutrisi serta memperbaiki jaringan kulit.

Melembapkan dan Meremajakan kulit

Kulit kamu kering atau kerap timbul dry patches di beberapa bagian wajah yang cukup mengganggu? Coba atasi masalah tersebut dengan masker labu kuning. Kandungan vitamin E dan anti-oksidan yang pada buah ini dipercaya dapat melembapkan, serta meremajakan kulit. Dengan rutin menggunakan masker labu kuning dua kali dalam seminggu, kulit pun akan terasa jauh lebih sehat dan lembap.

Mengontrol Produksi Minyak

Punya masalah dengan produksi minyak berlebih di wajah? Jangan khawatir! Pasalnya, hanya dengan menggunakan masker labu kuning yang telah dicampurkan dengan beberapa tetes sari cuka apel masalah tersebut pun akan dapat teratasi. Hal ini dikarenakan labu kuning memiliki kandungan zinc yang dapat mengurangi produksi minyak penyebap timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan asam malat pada sari cuka apel juga mampu memaksimalkan proses pengurangan sebum dengan menyerap kelebihan minyak yang muncul di permukaan kulit.

 


(vem/sociolla/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top