Selasa, 25 September 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Jangan Biarkan Sendiri, Berikut Manfaat Bayi Tidur dengan Orangtua

Senin, 25 Juni 2018 07:05:53 wib
Bayi Tidur/copyright unsplash.com/@liangkevin

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Mom, selalu memberikan rasa aman dan nyaman untuk si kecil sangat penting. Salah satunya adalah menemani si kecil tidur. Beberapa orangtua mungkin sengaja membiarkan si kecil tidur sendiri dengan harapan melatih si kecil untuk lebih mandiri. Hal ini tidak salah, namun ada baiknya mom menemani si kecil tidur. Apalagi si kecil masih bayi.

Menurut data Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, sekitar 50 persen orang tua juga berbagi tempat tidur dengan buah hatinya. Menurut data tersebut jelas bahwa orangtua percaya tidak membiarkan si kecil tidur sendirian adalah wujud sayang mereka kepada anak.

Studi penelitian mengungkapkan bayi berisiko lebih rendah dari sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) ketika mereka tidur di kamar yang sama dengan orang tua. Menurut Profesor James J. McKenna, Ph.D dalam buku Sleeping With Your Baby: A Parents Guide To Co-Sleeping, menjelaskan bahwa bayi di awal kehidupannya membutuhkan bentuk hubungan yang baik dengan orangtuanya. Misalnya dari suara dan bau orangtuanya. Jadi, tidur bersama bayi dapat membentuk kedekatan emosional orangtua kepada anak.

Selain itu satu studi penelitian mengungkapkan bayi berisiko lebih rendah dari sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) ketika mereka tidur di kamar yang sama dengan orang tua. Dan yang terpenting bayi yang tidur bersama orangtuanya akan merasa nyaman dan hangat di samping mom.

Mom, keberadaan orangtua di dekat si kecil akan membuat ia merasa aman, nyaman dan hangat. Jadi pastikan mom untuk selalu berada di dekat si kecil ya. Semoga informasi ini bermanfaat.


(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top