Jumat, 24 Mei 2019 |
Politik

Jelang Pilkades Serentak, BPMPD Lakukan Pendataan Penduduk

Rabu, 27 April 2016 21:44:59 wib
Pilkades (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan dilaksanakan pada 21 Juli 2016 mendatang secara serentak bergelombang, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Batanghari lakukan pendataan Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4).

Pemilihan akan dilaksanakan secara serentak bergelombang,  artinya serentak pelaksanaannya namun secara bertahap karena keterbatasan peralatan dan sumber daya.

"Setelah DP4 selesai, maka akan dilakukan perbaikan untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP),"papar Kepala BPMPD) Batanghari, Adnan, kepada jambidaily.com, Rabu 27 April 2016.

Atas dasar DPS HP itu, panitia pelaksanaan Pilkades akan melakukan verifikasi lagi untuk penetapan DPT dan DPT Tambahan.

Bagi masyarakat yang belum memiliki kartu kependudukan, untuk segera melakukan pengurusan dokumen dan perekaman.

"Permasalahan DPT memang riskan, karena berhubungan dengan mata pilih dan perolehan suara nantinya," ujarnya.

Dari 110 desa yang ada di Batanghari, ada 33 desa yang akan melangsungkan Pilkades secara serentak. "Kami memperkirakan akan banyak calon Kades yang mendaftar, karena biasanya pilkades membutuhkan dana yang cukup besar, yang harus dikeluarkan oleh calon bersangkutan dan saat ini tidak dipungut biaya," jelas Adnan.

Pada awal Mei 2016, akan dibuka pengumuman tahapan pencalonan."Pada tahap itu, persyaratan untuk mendaftar sebagai calon diumumkan dan bagi yang berminat mendaftar, diberi waktu untuk mempersiapkan persyaratannya,"ujarnya.

Batanghari merupakan satu -satunya Kabupaten dalam Provinsi Jambi yang menggunakan sistem pemilihan suara elektronik (e-Voting) pada Pilkades nanti. Peralatan yang dimiliki dan akan digunakan pada pelaksanaan e-voting adalah sebanyak 12 unit, untuk mengampu Pilkades di 33 desa, jelas Adnan.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top