Minggu, 21 Oktober 2018 |
Nasional

Jokowi: Pers Tetap Jadi Sumber Informasi Terpercaya

Jumat, 09 Februari 2018 16:16:17 wib
Ketua PWI Jambi; Saman, Wagub Jambi; Fachrori Umar, Sekjen PWI Jambi; Hery FR dan pengurus PWI Jambi/Foto: PWI Jambi

JAMBIDAILY PADANG, Sumbar - Presiden RI Joko Widodo memastikan dan berkeyakinan kalau Pers tetap menjadi sumber informasi masyarakat terpercaya di era sosial media yang marak saat ini. Pers tidak akan mati meski ditengah gempuran media sosial saat ini. Masyarakat tetap memilih media massa sebagai sumber informasi terpercaya guna mengklarifikasi berita berita hoax.

Hal tersebut diuangkapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Puncak Hari Pers Nasional (HPN ) 2018 di Pantai Cimpago Padang, Sumbar, Jumat (9/2/2018). Ibu Negara Iriana Jokowi dan 23 Menteri, Belasan Duta Negara Sahabat, Puluhan Jurnalis Malaysia, Ribuan Jurnslis Se Indonesia, Pejabat Tinggi Lembaga Negara, Panglima TNI, Kapolri Tito Karnavian dan ribuan undangan lainnya.

Menurut Jokowi, perkembangan dunia pers saat ini harus terus berinovasi dengan perkembangan jaman. Media massa dalam menyajikan berita tetap dalam Ruh Jurnalis dan dapat dipertanggung jawabkan. Pers tidak perlu khawatir dalam menghadapi pesatnya media sosial saat ini. Pers sebagai pilar demokrasi ke empat di Negeri ini harus tetap optimis dalam menghadapi perubahan.

"Media sosial boleh marak, tapi media massa harus tetap menjadi sumber informasi masyarakat terpercaya dan sumber informasi yang mempersatukan Bangsa. Media massa harus tetap optimis dalam menghadapi gempuran sosial media saat ini. Selamat Hari Pers Nasional dan Pers Indonesia tetap jaya," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan HPN 2018 merupakan kali ke empat yang dihadiri Presiden Jokowi. Juga paling banyak dihadiri Menteri Kabinet Kerja yang berjumlah 23 Menteri dan Duta Negara Sahabat.

Disebutkan rangkaian HPN 2018 Sumbar mengambil Tema : "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan". Yang pada intinya menjadikan wisata Sumbar sebagai pendapatan daerah guna mensejahterakan masyarakat.

Margiono juga menerangkan sejumlah rangkain kegiatan selama HPN Sumbar. Setidaknya ada sekitar 30 item kegiatan mulai dari soal Pers hingga Seni Budaya dan Promosi Wisata Sumbar.

Sementara Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo pada kesempatan itu mengatakan, Indonesia merupakan Negara nomor satu di Dunia yang memiliki media paling banyak yakni mencapai 47.000 media massa. Terdiri dari 2000 media cetak, 456 Media Televisi, 43.000 media siber dan sisanya media radio.

Dari pertumbuhan media siber tersebut telah melahirkan puluhan ribu wartawan yang belum jelas kompetensinya. Dewan Pers baru mencatat sekitar 2500 wartawan di Indonesia yang lulus uji kompetensi yang menjalankan dunia jurnalistik secara profesional.

Pada HPN 2018 Padang, Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar turut hadir. Dia mengatakan perkembangan dunia pers saat ini harus mengedepankan tugas pokok pers sebagai sumber informasi terpercaya bagi masyarakat.

Pada HPN 2018 Sumbar ini, PWI Provinsi Jambi mengirimkan sebanyak 60 delegasi yang mengikuti rangkaian kegiatan HPN sejak Rabu hingga Jumat. Ketua PWI Provinsi Jambi Saman Spt dan Sekum PWI Provinsi Jambi ikut mendampingi seluruh delegadi. (JP-Lee)/jambipos-online.com

KOMENTAR DISQUS :

Top