Jumat, 21 September 2018 |
Ekonomi

Kabupaten Kerinci Siap Ciptakan Tenaga Kerja Terampil dan Handal

Senin, 12 Maret 2018 22:54:27 wib

JAMBIDAILY KERINCI - Program pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh UPTD Loka Latihan Kerja Kabupaten Kerinci, disambut antusias, pelatihan kerja yang setiap peserta akan mendapat sertifikat dan menjadi modal untuk membuka usaha sendiri ataupun bekerja di perusahaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Kepala UPTD Loka Latihan Kerja Suhaidir S.ag MP.d MM kepada Jambidaily.com (Jum’at, 9/3/18) mengatakan 
”saya kembali menjadi kepala sekolah tetapi sekolah ini siswanya berbeda, tugas saya pertama akan mendisiplinkan peserta yang telah lulus dan diterima BLK, kita mulai buka pukul: 08.00 wib sudah mulai pelatihan dan dilaksanakan 40 hari yang berjumlah 320 jam, itu sudah waktu cukup, standar nasional saja 244 jam, dan atas kepedulian Bapak Bupati diberikan 320 jam jadi sudah melebihi, sehingga 2 level sekaligus bisa ditempuh  hingga ketrampilan kejuruan ini dapat dikuasai.” Terangnya.

Dalam keterangan Suhaidir bahwa kursus yang dilaksanakan terdiri atas 4 paket; kejuruan menjahit, komputer, otomotif mobil dan mekanik motor. Keempat paket sudah standar nasional menggunakan dana APBD murni kabupaten Kerinci. 

"dan nanti tanggal 27 kita akan buka, mengundang bapak bupati serta Balai Besar Medan untuk membuka paket yang bersumber dari dana APBN. Mekanisme penerimaan peserta pelatihan, kami menyurati kecamatan dan desa. Masing-masing peserta di tes BLK mana yang lulus itu yang bisa mengikuti pelatihan APBD dan untuk APBN mekanismenya juga sama," Ujar suhaidir.

Tujuan akhir dari program pelatihan ialah terciptanya tenaga kerja terampil memiliki sertifikat, bisa membuka usaha sendiri ataupun ketika ada peluang bekerja diluar negeri tidak menjadi buruh tapi tenaga kerja yang terampil. 

"perlu kami sampaikan juga bahwa kita sejak tahun 1985 tidak lagi mendapat bantuan sarana prasarana alat untuk pelatihan, tapi sekarang dengan perjuangan bapak Kepala Dinas didukung tanda tangan serta rekomendasi bapak Bupati, Kabid Naker dan kepala UPTD kami telah dua kali ketemu dengan Direktur Peralatan di Kementrian Tenaga Kerja Insyaalah tahun ini beliau jamin, mengucurkan bantuan berupa alat minimal 4 paket yang ada instrukturnya. Untuk paket APBN ada 30 paket dan kita memakai instruktur dari dalam daerah yang sudah cakap, terampil, profesional dibidangnya," Beber Suhaidir.   
Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Drs.H. Noviar Zen Apt MM saat pembukaan pelatihan kerja menjelaskan 

“dengan adanya pelatihan ini kita mengharapkan anak muda kerinci bisa bersaing di pasar kerja dan terciptanya tenaga kerja yang handal, terampil yang siap saing dan kita akan buka 30 paket pelatihan kerja pada tanggal 27  maret nanti dan yang sangat penting pesan dari bapak Bupati Adi Rozal beliau sangat menginginkan anak muda kerinci punya bekal ketrampilan yang siap bersaing, minta tolong kata beliau, BLK didiklah mereka uruslah segalanya dimana anak muda kerinci ini, anak muda potensial yang bersaing baik nasional maupun internasional," Tuturnya. 

"untuk peserta berasal kabupaten kerinci dan peserta dari kota Sungai Penuh juga ada," Pungkas Noviar. (GSM)

KOMENTAR DISQUS :

Top