Selasa, 07 April 2020 |
Hukum

Kabut Asap Ancam Jambi, Danrem 042/Gapu: “Tembak Ditempat Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan’

Selasa, 01 Agustus 2017 11:52:54 wib
Ilustrasi kebakaran hutan (AFP Photo/Anne-Christine Poujoulat).

JAMBIDAILY HUKUM-Komandan Korem 042/Garuda Putih yang juga bertindak sebagai Dansatgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Kolonel Inf Refrizal mengaku gerah melihat masih adanya pelaku pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Menurut dia, pihaknya tidak segan-segan melakukan tindak tegas tembak di tempat bila menemukan pelaku pembakaran lahan.

Hal ini bukan tanpa alasan. Menurut Refrizal, semua sudah dalam evaluasinya, untuk operasional karhutla sudah baik, bahkan sudah dibuat maklumat dan imbauan kepada masyarakat dan pihak perusahaan agar jangan membakar lahan sembarangan.

“Nah itu. Atau punishment (hukuman) yang kurang tegas. Bila begini terus, saya sudah perintahkan ke jajaran Korem agar membuat tindakan tegas. Tembak saja, tetapi dengan prosedur yang benar,” tegas Refrizal, Selasa 1 Agustus 2017 di ruang kerjanya di Makorem 042/Garuda Putih.

Namun, sambungnya, kalau sudah tertangkap diproses saja sesuai peraturan yang berlaku. Tidak mungkin ditembak kalau sudah tertangkap.

Kenapa harus ada tindakan tegas? Dansatgas Karhutla menilai, masalah asap ringan tidak berat, tapi dampak asap tersebut bisa kemana-mana. “Bahkan bisa sampai ke luar negeri. Dan itu yang jadi masalah.”

“Berarti orang atau pelaku yang membakar lahan tersebut, tidak ada karakter toleransi, tidak bertanggungjawab. Wajar tidak, kira-kira bila mereka kita hajar demikian,” tutup Refrizal./inilahjambi.com

KOMENTAR DISQUS :

Top