Rabu, 21 November 2018 |
Hukum

Kades Lakukan Pungli Prona ??? Ini Kata Warga dan Polsek Mersam

Senin, 11 Januari 2016 21:04:21 wib
ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY HUKUM-Warga Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari mengeluhkan dugaan pungli yang dilakukan oknum Kepala Desa mereka saat pengurusan sertfikat dalam program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Badan Pertanahan Negara (BPN) yang telah ditetapkan gratis.

Diceritakan warga RT 05 Sengkati Baru, Suparno, dirinya telah mengurus sertifikat prona melalui Kades setempat sekitar awal Juni tahun 2014. Seharusnya sertifikat prona miliknya selesai pada bulan Maret 2015, namun hingga saat ini sertifikat miliknya tak kunjung selesai dan ia terima.

"Padahal kami telah bayar uang Rp 500 ribu kepada Kades, namun hingga saat ini sertifikat kami tak kunjung selesai,"ujar Suparno.

Dan menurut Suparno, kejadian ini juga dialami beberapa warga lainnya yang merasa telah ditipu oleh sang oknum Kades Sengkati Baru.

"Warga yang lain ada yang telah membayar Rp 1 Juta hingga Rp 3 juta per orang sesuai dengan luas tanah yang diurus. Namun sertifikat prona belum juga selesai,"ungkap Suparno, kemarin.

Sekitar beberapa bulan yang lalu tahun 2015 dirinya bersama warga lainnya pernah melaporkan kasus tersebut kepada Polsek Mersam, namun tak kunjung ada penyelesaian.

Dan pada Jum'at (08/01), kembali mereka mendatangi Mapolres Batanghari melaporkan kasus tersebut. "Kami datang ke Polres sekarang untuk melaporkan kasus tersebut. Pasalnya laporan yang masuk ke Polsek Mersam tak kunjung ada jawabannya. Jika di Polres tak kunjung jawabannya juga, kami akan mendatangi Polda Jambi untuk melaporkan kasus tersebut,"pungkasnya.

Sementara itu KBO Reskrim Polres Batanghari, AKP Edi Bernawan, yang menerima laporan tersebut di Polres Batanghari saat itu mengatakan bahwa pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu, dan akan mempertanyakan laporan tersebut ke Polsek Mersam terlebih dahulu.

Terpisah, Kapolsek Mersam, AKP Sugeng, ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, menyatakan belum mengetahui adanya laporan tindakan Pungli pengurusan Sertifikat Prona oleh Oknum Kades Sengkati Baru.

"Belum ada laporan, nanti saya cek kembali,"tegas perwira balok tiga itu.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top