Sabtu, 21 April 2018 |
Hukum

Kapal Ditahan, Owner Siap Ganti Rugi Kerusakan Pelabuhan yang Ditabrak

Rabu, 28 Februari 2018 19:00:51 wib

JAMBIDAILY MUARASABAK - Kerusakan dermaga yang merupakan aset pemerintah dan beberapa fasilitas umum di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, yang ditabraknya kapal TB Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308 beberapa waktu lalu, terus di tindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Hal ini terbukti dengan digelarnya rapat yang langsung dihadiri oleh Owner kapal TB Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308, belum lama ini.

Kepala Dinas Perhubungan Tanjabtim, Yan Rizal, ketika dikonfirmasi mengatakan, khusus kerugian dermaga milik Dinas Perhubungan yang merupakan aset Pemkab Tanjabtim sebesar Rp 500 juta. Hasil kesepakatan dan berita acara akan segera direalisasikan. Begitu juga dengan dermaga milik Dinas Perikanan dan fasilitas umum lainnya. "Pihak Owner meminta RAB nya. Semakin cepat semakin baik," kata Yan Rizal.

Dikatakannya, pihak Owner meminta secepatnya RAB dari masing-masing yang dirugikan untuk segera menyerahkan ke pihak perusahaan. Sehingga pihak perusahaan langsung bisa melaksanakan pembangunan. "Data teknis juga harus dilampirkan secepatnya.itu permintaan Owner," jelasnya.

Dijelaskannya, untuk memastikan bahwa pihak Owner mengerjakan secepatnya, Dinas Perhubungan akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi. Bahkan untuk sementara kapal TB Maju Daya ditahan sebagai bahan jaminan. "Kita tahan sebagai jaminan. Sedangkan untuk muatan silahkan dipindahkan ke kapal lain," jelasnya.

Sementara itu, untuk antisipasi kejadian serupa, pihak Owner meminta adanya kapal pandu yang stand by 24 jam. Terkait hal ini pula Pemerintah Daerah telah mengajukan ke Pemerintah Pusat."Sudah kita ajukan. Kita masih menunggu sampai saat ini," tandasnya singkat. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Senin (19/2) lalu sekitar pukul 04.25 WIB pagi, Kapal TB Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308 menggandeng tongkang agen PT. Armada Maritim Nusantara muatan batu bara, dari Muarasabak tujuan Ambang Luar Kampung Laut menyenggol fasilitas umum milik Pemkab Tanjabtim. Akibat insiden tersebut, 2 (Dua) sarana Pemda rusak, dengan rincian Satu Dermaga/ponton Desa Teluk Majelis ukuran sekitar 8x4 meter rusak berat dan Crame TPI/dermaga nelayan Desa Majelis Hidayah juga mengalami kerusakan. 

"Sementara, Nakhoda kapal TB Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308 atas nama Andri Juni Sutrisno, telah diamankan di Pos Pol-Airud Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi," kata Camat Kuala Jambi, Tahang,S.Sos.

Kronologis kejadiannya, diceritakan Camat, penyenggolan dermaga umum Perhubungan Pemkab Tanjabtim oleh tongkang Sinar Lestari 308 itu, ketika kapal berlayar tujuan Ambang Luar Kampung Laut dalam kondisi air pasang. Karena arus air pasang begitu deras, kapal dan tongkang tidak dapat bertahan dan terbawa arus, tabrakan pun tak dapat terelakan.(*) 

 

 

Penulis: Hendri R
Editor: Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top