Senin, 22 April 2019 |
Hukum

kapal Selam Tenggelam, Jurnalis Swedia Hilang, Tuduhan Pembunuhan disangkakan Kepada Pembuatnya

Senin, 14 Agustus 2017 04:01:49 wib
Menara bawah kapal selam bawah laut yang tenggelam dan dimiliki oleh swasta UC3 Nautilus terlihat di sisi kapal penyelamatan saat operasi berlangsung sehubungan dengan penyelidikan kriminal, di selat Oeresund di dekat Kopenhagen, Denmark, Sabtu, 12 Agustus 2017. Danish Jaksa mendesak hakim pada hari Sabtu untuk menahan penahanan pra-peradilan pemilik kapal selam buatan kapal induk, yang diduga bertanggung jawab atas hilangnya seorang wanita Swedia yang telah berada di kapal yang kemudian tenggelam. (Jacob Ehrbahn / Ritzau Foto via AP)

JAMBIDAILY INTERNASIONAL-Pengadilan Denmark memerintahkan pemilik kapal selam buatan Amerika Serikat yang ditahan pada penahanan pra-sidang selama 24 hari sementara polisi menyelidiki hilangnya seorang wartawan Swedia yang telah berada di kapal sebelum kapal tersebut tenggelam.

Peter Madsen ditangkap pada hari Jumat dengan tuduhan pembunuhan awal, beberapa jam setelah kapal selam setinggi 40 ton, tenggelam sepanjang 18 meter tenggelam di pantai timur Denmark. Penemu, yang berasal dari Denmark, telah menolak tanggung jawab atas nasib Kim Wall yang berusia 30 tahun, mengatakan bahwa wartawan tersebut turun sebelum kapal tersebut turun.

Hakim Kari Soerensen mengumumkan keputusan tersebut setelah persidangan dua jam ditahan di balik pintu tertutup. Pengacara terdakwa Madsen, Bettina Hald Engmark, mengatakan bahwa kliennya mempertahankan kepolosannya. Dia "bersedia bekerja sama" dan belum memutuskan apakah akan mengajukan banding atas keputusan penahanan tersebut, Hald Engmark mengatakan.

Sebelum persidangan ditutup, ruang sidang dipenuhi wartawan Denmark dan Swedia dan kerabat Madsen yang berusia 46 tahun. Madsen tersenyum dan mengobrol dengan pengacaranya. "Saya sangat ingin mengekspresikan diri," katanya setelah tuduhan awal dibaca.

Jaksa Louise Pedersen mengatakan bahwa Madsen menghadapi tuduhan pembunuhan awal "karena telah membunuh dengan cara yang tidak diketahui dan di tempat yang tidak diketahui Kim Isabell Frerika Wall of Sweden suatu hari setelah Kamis 5:00 sore."

Pacar Waller memperingatkan pihak berwenang pada Jumat pagi bahwa sub, yang bernama UC3 Nautilus, belum kembali ke Kopenhagen seperti yang diharapkan. Angkatan Laut Denmark meluncurkan sebuah pencarian besar yang melibatkan dua helikopter, tiga kapal dan beberapa kapal pribadi. Angkatan Laut mengatakan sub tersebut terlihat berlayar, tapi kemudian tenggelam tak lama kemudian.

Kristian Isbak, yang menanggapi seruan Angkatan Laut tersebut untuk membantu menemukan kapal tersebut pada hari Jumat, mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia pertama kali melihat Madsen berdiri mengenakan seragam militer merek dagangnya di menara kapal selam saat kapal tersebut masih menyala.

"Dia kemudian turun ke dalam kapal selam dan ada semacam aliran udara yang datang dan kapal selam mulai tenggelam," kata Isbak. "Dia datang lagi dan tinggal di menara sampai air masuk ke dalamnya" sebelum berenang ke kapal terdekat saat kapal selam itu tenggelam, tambahnya.

Madsen mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia telah menurunkan Wall off di sebuah pulau di pelabuhan Kopenhagen beberapa jam menuju perjalanan Kamis malam mereka. "Dengan sangat cemas kami menerima kabar bahwa Kim hilang dalam sebuah tugas di Denmark," keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada The Associated Press.

Jurnalis freelance kelahiran Swedia itu belajar di universitas Sorbonne di Paris, London School of Economics dan Columbia University di New York, di mana dia lulus dengan gelar master dalam bidang jurnalistik pada tahun 2013.

Dia tinggal di New York dan Peking, kata keluarganya, dan telah menulis surat untuk The New York Times, The Guardian, South China Morning Post and Vice Magazine, di antara terbitan lainnya. Sebuah kapal penyelamatan pada hari Sabtu mengangkat kapal selam itu, yang berada tujuh meter (23 kaki) di bawah air dari pulau selatan Kopenhagen, Dragoer. Kapal selam itu terbawa sekitar 7 kilometer (4.3 mil) di lepas pantai dan diperkirakan akan diangkut ke darat di beberapa titik.

Secara teori, Nautilus bisa menyelam hingga 470 meter (1.550 kaki) namun jarang masuk lebih dalam dari 40 meter (132 kaki), menurut situs web bisnis Madsen. Jika dicoba dan dinyatakan bersalah, Madsen akan menghadapi antara lima tahun dan hukuman penjara.

Sumber: mail.com

KOMENTAR DISQUS :

Top