Kamis, 12 Desember 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Kapenrem 042/Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD

Jumat, 15 November 2019 08:22:58 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kepala Penerangan Korem 042/Gapu Mayor Inf Firdaus ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar 2019 di lingkungan Kodam II/Swj, bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan Workshop Menulis Penerangan Tersebar TNI AD tahun 2019 dengan tema "Melalui Workshop meningkatkan kemampuan menulis di Media, jajaran Satuan dinas penerangan siap membangun citra TNI AD dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD", dibuka Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya dibuka Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan, yang diwakili oleh Wakapendam Letkol Inf Gambuh Sri Karyanto, A.md., akan berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 14 s.d 15 November 2019 dan diikuti 35 peserta yang merupakan personel Penerangan Kodam II/Sriwijaya, para Kapenrem dan pers penerangan Balakdam serta perwakilan Kodim dan Batalyon yang ada di wilayah Palembang dan Sumbagsel.

Kapendam II/Swj dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakapendam Letkol Inf Gambuh Sri Karyanto menyampaikan ucapkan selamat datang di Kodam II/Sriwijaya kepada Kabaglisstraum Subdislisstra Dispenad, Mayor Arh Viki Herwandi, S.E., dan para peserta workshop. “Semoga kegiatan yang akan kita laksanakan nanti dapat menambah wawasan bidang Penerangan, khususnya tentang penulisan yang bernilai strategis, sehingga mampu mendukung tugas pokok satuan Penerangan jajaran TNI AD”, ujarnya.

Dikatakan bahwa, saat ini Penerangan tidak lagi dipandang sebelah mata, namun menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah organisasi TNI AD. Oleh karena itu, sambungnya, Penerangan harus diawaki oleh personel-personel yang memiliki energi dan semangat besar agar mampu bergerak mengimbangi tuntutan tugas organisasi secara keseluruhan.

Dalam era teknologi informasi yang sudah tidak mungkin dihindari lagi, kata Kapendam, penguasaan kemampuan komunikasi, informasi dan media telah menjadi faktor yang paling dominan dalam menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kapendam II/Swj memerintahkan kepada para peserta workshop agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan workshop yaitu meningkatkan kemampuan personel satuan penerangan jajaran TNI AD dalam menganalisa perkembangan lingkungan strategis yang terjadi, menumbuhkan budaya menulis dan menggali aspirasi, pemikiran, pandangan dan saran masukan dari personel penerangan TNI AD dalam rangka mengoptimalkan tugas pokok TNI AD dapat tercapai.

Sementara, Kepala Dinas Penerangan Angkatan darat (Dispenad) dalam sambutannya yang dibacakan Kabaglisstraum Subdislisstra Dispenad, Mayor Arh Viki Herwandi, S.E., menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan secara tersebar diseluruh jajaran TNI AD secara terpusat dan sudah dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 25 April lalu.

Dia menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kebudayaan menulis serta mendorong lahirnya kemampuan untuk menuangkan gagasan dalam benutk tulisan di lingkungan satuan TNI AD.

“Sebagai insan penerangan TNI AD, harus menyadari tuntutan transparansi informasi publik telah menjadi sebuah keniscayaan, maka institusi TNI AD dalam hal ini harus membuka diri sehingga mudah diakses oleh masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambungnya, melalui kegiatan ini, seluruh peserta akan diberikan pembekalan tentang pengayaan ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam membuat tulisan pimpinan, baik yang akan dimuat di media maupun dibacakan langsung oleh pimpinan.

“Jadikan kegiatan ini untuk membangun komunikasi dalam komunitas jurnalis TNI AD sehingga kedepan dapat saling berbagi dan berkontribusi positif untuk kepentinga TNI AD,” pungkas Mayor Viki mengutip sambutan Kadispenad.

Selama kegiatan Workshop tersebut, para peserta akan diberikan pembekalan materi antara lain, peran media dan perang informasi, penulisan artikel, berita, feature, penulisan amanat dan publik speaking serta pembulatan.(penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top