Minggu, 05 April 2020 |
Hukum

Kasus Dugaan Jual Beli Hutan Produksi, Ini Keterangan Dishut Tebo

Senin, 21 Maret 2016 11:12:55 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY HUKUM-Dugaan jual beli lahan Hutan Produksi (HP) eks Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Gamasia didesa Aburan Batang Tebo (ABT)kecamatan Tebo Tengah kabupaten Tebo seluas ± 20 Hektar oleh warga berinisial (F) yang di jual kepada (SY) selaku pembeli warga Kuamang Kuning unit satu dusun Purwosari Kabupaten Bungo, selain Badan Pertanahan Nasional (BPN) Polsek Pelepat Ilir Resort Bungo juga meminta keterangan Dinas Kehutanan (Dishut) Tebo.

Baca Juga: Kasus Dugaan Jual Beli Lahan HP Eks HTI PT Gamasia Terus Bergulir, Ini Kata BPN Tebo

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dishut Tebo melalui Kepala bidang (Kabid) Penataan kawasan hutan Joko Sutrisno, mengatakan, Pihak Polsek Pelepat Iilir Resort Bungo berkordinasi dan menanyakan terkait status lahan yang dijual oleh (F).

"Benar polsek pelepat ilir Resort Bungo tanya status lahan yang dijual (F). Keterangan yang kami berikan berdasarkan kajian atau telaah dan analisa status lahan dan sporadik yang dibuat oleh kepala desa (Kades) ABT Tarmizi atas tanah tersebut, dari titik kordinat yang kami lihat dalam peta bahwa tanah seluas empat bidang yang dijual oleh (F) itu adalah tanah milik negara dan masuk ke dalam kawasan Hutan Produksi (HP),
paparnya, saat dikonfirmasi jambidaily.com, Minggu 20 Maret 2016.

Dijelaskannya, Hutan yang dijual oleh (F) kepada (Sy) sebenarnya ada enam bidang, tapi dua bidang lagi titik kordinatnya tidak bisa kami analisa secara jelas.

Sedangkan mengenai sporadik yang dibuat oleh kepala desa ABT Tarmizi, bukanlah bukti atau hak kepemilikan atas tanah melainkan surat pernyataan asal usul tanah yang diketahui oleh kades atau perangkat desa lain dan masyarakat setempat.

"Dishut Tebo mengingatkan, agar masyarakat Tebo teliti dalam membeli tanah atau lahan dalam jumlah besar.   kordinasikan terlebih dahulu status lahan tersebut kepada pihak yang terkait seperti BPN, Dishut dan pihak terkait lainnya,"himbaunya.(jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top