Kamis, 18 Januari 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Kata Zola: Pemuda harus Mempunyai Idealisme dan Pemikiran yang Maju

Senin, 30 Oktober 2017 17:03:55 wib
Foto: Agus/Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli. S.TP,MA mengemukakan, pemuda harus mempunyai idialisme yang tinggi dan pemikiran yang maju untuk kemajuan bangsa dan daerahnya. Hal itu dikemukakan Zola saat menjadi inspektur  upacara dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-89 Tahun 2017, bertempat di halaman depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (30/10/2017).
 
Selaku inspektur upacara, Zola membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi yang menyampaikan, delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air di Indonesia berkumpul di sebuah gedung di jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, Indonesia. "Sunguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yang ikrarnya melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945," kata Imam Nahrawi.
 
"Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda dan sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang hari ini, sarana transportasi umum sangat mudah, untuk menjangkau ujung timur dan barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja. Untuk dapat berkomunikasi dengan pemuda di pelosok-pelosok negeri ini, cukup dengan mengunakan alat komunikasi tidak perlu menunggu datangnya tukang pos hingga berbulan-bulan lamanya, interaksi sosial dapat dilakukan 24 jam, kapanpun dan dimanapun," tuturnya.
 
Zola mengatakan, dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan,"Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisi api Sumpah Pemuda, kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bangsa, satu bangsa dan satu tanah air tapi ini bukan tujuan akhir.. Pesan ini disampaikan Bung Karno sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan apalagi golongan," ungkap Zola.
 
Pada sesi wawancara, Zola menyatakan, pemuda harus bisa menyikapi hal-hal yang merusak masa depan bangsa dan generasi muda termasuk narkoba harus dijauhkan. “Di negara maju, pemudanya sudah mempunyai komitmen kuat untuk maju, pemikiran pemuda sangat menentukan kemajuan negaranya,” ujar Zola.
 
"Setiap memperingati hari Sumpah Pemuda pasti kita ingat statement Bapak Presiden kita yang pertama yaitu Ir. Sukarno, berikan aku sepuluh pemuda akan aku guncang dunia, artinya begitu besar sumbangsih atau arti pemuda ini dalam kemajuan suatu bangsa, bisa kita lihat negara-negara maju, pemudanya mempunyai pemikiran sangat menentukan kemajuan negaranya," tutur Zola.
 
Selain itu, Zola mengajak seluruh generasi muda untuk memperkuat pondasi keagamaan untuk menghadapi berbagai permasalahan dan godaan, diantaranya dengan banyaknya peredaran narkoba, dengan sasarannya semua orang, generasi muda harus membentengi dirinya dengan agama dan ilmu pengetahuan.
 
Pada kesempatan tersebut, Zola menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran kepolisian daerah (Polda) Jambi dan Korem serta seluruh masyarakat Provinsi Jambi yang berkerja sama dalam memberantas narkoba. "Pada kesempatan ini, saya ucapkan terimakasih kepada Kepolisian Daerah Jambi dan Korem berserta jajarannya yang telah banyak berhasil menangkap peredaran narkoba di Provinsi Jambi ini, diharapkan seluruh masyarakat untuk bahu -embahu untuk berkerja sama dalam pemberantasan narkoba ini," ungkap Zola.
 
Selanjutnya, Zola juga memberikan penghargaan kepada Pemuda Pelopor Provinsi Jambi tahun 2017 yaitu 1.Ahmad Firdaus Syaputra, penghargaan di bidang pendidikan, 2.Firman Saputra, penghargaan bidang sosial budaya dan pariwisata. 3.Darna Widya Hastuty, penghargaan bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Selain itu, Zola memberikan bantuan pengembangan usaha kelompok wirausaha pemuda tahun 2017 dan pemuda yang meraih prestasi di bidang olahraga.
 
Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H. Fachrori Umar,M.Hum, para unsur Forkompimda Provinsi Jambi, para OPD Pemerintah Provinsi Jambi, utusan organisasi kepemudaan Provinsi Jambi, para mahasiswa dan para pelajar serta para undangan lainya. (Sapra Wintani/Mustar/Humas Pemprov Jambi) 

KOMENTAR DISQUS :

Top