Selasa, 11 Desember 2018 |
Pendidikan & Teknologi

KBPJ Berikan Penyuluhan Bahasa Indonesia kepada Wartawan

Rabu, 05 Desember 2018 15:57:58 wib
JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Bahasa Provinsi Jambi (KBPJ) berikan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi media massa se-kota Jambi di ruang Aula KBPJ, Telanaipura Kota Jambi (Rabu, 05/12/2018).

Syaiful Bahri Lubis S.S, Kepala KBPJ saat menyampaikan kata sambutan dipembukaan acara, bahwa penyuluhan ditujukan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi wartawan di bidang kebahasaan.

“Penyuluhan ini bertujuan agar teman-teman media dapat menggunakan bahasa Indonesia, apalagi media daring biasanya penggunaan bahasa asing sering terlihat. Maka sangat diharapkan nantinya bahasa Indonesia lebih diutamakan, walaupun pembaca pada umumnya sudah paham artinya,” Jelasnya.

Lalu, Syaiful Bahri Lubis berpesan wartawan yang hadir dapat mengabarkan kepada dapur redaksi medianya.

“Teman-teman yang datang hari ini, sampaikanlah kabar baik ini kepada dapur redaksi di media tempatnya bekerja,” Ungkapnya.

Hadir dalam pembukaan yaitu Kepala Dinas Kominfo provinsi Jambi yang diwakili oleh Dra Hj Eni Yulika M.Si, Kepala Bidang TIK dan Persandian.

Kemudian, dalam sesi penyampaian materi yang disajikan langsung oleh Syaiful Bahri Lubis, mengingatkan wartawan lebih perhatikan penulisan sehingga tidak menimbulkan makna berbeda.

“Jangan sampai dalam pemberitaan, bukan hanya isi, terkadang judul juga menimbulkan makna ambigu bagi pembaca,” Ungkap Syaiful Bahri Lubis.

Penyuluhan selain penyajian materi terkait pengetahuan kebahasaan Indonesia, Kesalahan dalam penggunaannya di media, juga sesi tanyajawab atau diskusi.

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top