Selasa, 13 November 2018 |
Hukum

Kejahatan Baru, Para Orang Tua dan Guru Diminta Wapada

Rabu, 08 Maret 2017 13:11:55 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY HUKUM-Kejahatan baru penyalagunaan narkoba melalui permen.  Itulah kondisi yang perlu diwaspadai para orangtua dan guru menjaga para generasi muda dari ancaman tersebut.

"Tolong para guru dan orang tua, awasi betul jajanan anak-anak kita, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Bahaya narkoba sekarang sudah menyerang ke anak-anak, lewat jajanan mengandung narkoba,’’ingat Bupati Merangin H Al Haris, Rabu (08/03/2017), menyikapi maraknya informasi beredarnya  jajanan permen narkoba di sejumlah daerah.

Bagi guru lanjut bupati, harus mengontrol jajanan apa saja yang dijual di kantin sekolah termasuk keberdaan pedagang keliling yang mangkal di luar pagar sekolah perlu terus dipantau.

Kepada orang tua diminta untuk tidak berlebihan memberi uang jajan anaknya. Orang tua harus memantau jajanan apa yang dibeli anak di lingkungan rumah dan tempat-tempat les anak.

Baru-baru ini jelas bupati, telah ditemukan  permen dengan bentuk menyerupai botol dot terindikasi narkoba di Surabaya. Permen bernama produk permen keras tersebut, memiliki izin edar ML 224409003077.

Izin edar permen itu, makanan luar negeri yang diproduksi Xiamen Yang Wan Foodstuff, China. Permen ini memiliki merek Penguin Brand dengan warna hijau, yang akhir-akhir ini sangat disukai anak-anak.

Selain itu jelas bupati, perlu diwaspadai juga permen jenis lolipop warna-warni, harganya murah berkisar antara Rp 1.000,- sampai Rp 3.000,- persatuannya dan ermen berbentuk gagang berkemasan Cannabis, diduga mengadung sabu-sabu.

Permen karet hasil olahan ekstasi yang dikemas dengan bungkus kartun lucu, strawberry meth atau strawberry quick merupakan narkoba kristal berbentuk bulat mirip permen pop rock rasa strawberry.

‘’Saya sudah intruksikan Dinas Perindag Merangin dan Dinas Kesehatan bersama tim untuk turun ke pasar dan sekolah-sekolah, melakukan sidak terhadap peredaran jajanan anak-anak yang mengandung narkoba,’’terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bangko,  dr Syahrial, memberikan tips bagaimana cara membedakan narkoba dalam permen dengan permen biasa, yang secara kasat mata awam sulit dibedakan.

‘’Ciri-ciri bisa dikenali dari perubahan perilaku anak,’’ujar dr Syahrial.
Perubahan perilaku anak ini akan mengubah anak yang tadinya periang menjadi pendiam. Bahkan pada saat yang parah, kebutuhan uang jajan anak semakin mengingkat.

Kadis Perindag Merangin, Junaidi, saat dikonfirmasi terkait rawan beredarnya permen mengandung narkoba di Merangin, mengaku dalam waktu dekat bersama tim, akan segera turun ke pasar dan sekolah-sekolah.

‘’Nanti Perindag Merangin akan turun ke pasar dan sekolah-sekolah tidak sendirian, tapi bersama tim dari Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya. Mengingat di Merangin belum ada Balai POM, sampel akan kita kirim ke Jambi,’’terang Junaidi.(*)


Penulis    : Teguh (HMS)
Editor     :  Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top