Selasa, 17 Juli 2018 |
Wisata & Budaya

Kembangkan SDM Kepariwisataan Disbudpar Provinsi Jambi adakan Pelatihan Dasar ‘Homestay’

Rabu, 09 Mei 2018 19:08:27 wib
Heri Suroso saat memberikan kata sambutan

JAMBIDAILY WISATA – Dalam rangka untuk terus kembangkan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan Dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi bersama Kementerian pariwisata Republik Indonesia adakan pelatihan dasar Homestay, di Hotel Odua Weston, Jalan Gatot Subroto, Pasar-kota Jambi.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi Heri Suroso saat membuka pelatihan dasar homestay tersebut menuturkan bahwa Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis dalam pengembangan perekonomian suatu daerah. Pengembangan sektor pariwisata provinsi Jambi dirasa semakin penting karena selain mampu meningkatkan perkembangan ekonomi, juga mampu memperluas kesempatan kerja.

“Untuk mendukung proses percepatan perkembangan pariwisata dibutuhkan SDM kepariwisataan yang kompeten dan berdaya saing tinggi. Pesatnya pariwisata saat ini menjadikannya sebuah industri besar yang dapat menghasilkan devisa Negara atau pendapatan asli daerah, bila direncanakan dan dikelola dengan baik serta profesional,“ Ungkap Heri Suroso, (Rabu, 9/5/2018) dalam kata sambutannya.

Pelatihan diikuti sekitar 200 peserta berasal dari para pengelola homestay, pemuda sekitar kawasan wisata dan mahasiswa dari Kabupaten Muaro Jambi serta Kota Jambi.

“Melihat fenomena yang saya paparkan tadi sangatlah memungkinkan peluang bagi provinsi Jambi untuk bersaing memperoleh pasar wisatawan, mengingat provinsi Jambi memiliki semua kategori yang dibutuhkan oleh wisatawan, baik itu alam, sejarah, budaya maupun minat khusus. Peluang tersebut harus diimbangi dengan kesiapan terutama sektor SDM. Mengingat Industri pariwisata merupakan sesuatu yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan wisatawan. Dalam industri pariwisata, kualitas pelayanan merupakan indikator utama yang menunjukkan tingkat profesionalisme,” Terang Heri Suroso.  

Pada kegiatan tersebut tanpak hadir I Gusti Ngurah Staf Khusus Ahli Kementerian Pariwisata, serta Kasi Pengembangan Daya Tarik dan Atraksi Wisata Bidang Pengembangan Destinasi Amrillah.

“menghadapi tingginya tingkat persaingan dan ekspektasi kualitas pelayanan dari wisatawan yang meningkat maka kementerian pariwisata RI melalui Disbudpar provinsi Jambi mengadakan pelatihan ini,” Pungkas Heri Suroso.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top